nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Pasien Dievakuasi ketika RSUD Pekalongan Tergenang Banjir

Selasa 21 Januari 2020 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 21 512 2156088 puluhan-pasien-dievakuasi-ketika-rsud-pekalongan-tergenang-banjir-Y4zHmTDhHw.jpg Banjir melanda RSUD Pekalongan, Jawa Tengah. (Foto: Suryono/Sindonews)

PEKALONGAN – Puluhan pasien RSUD Keraton Pekalongan, Jawa Tengah, yang sedang opname terpaksa dievakuasi karena ruang perawatan terendam banjir. Air meluap setelah wilayah Pekalongan diguyur hujan deras selama dua jam pada Senin 20 Januari 2020.

Selain merendam RSUD Pekalongan, banjir juga merendam rumah kawasan elite, seperti rumah dinas wali kota, ketua DPRD, dan rumah dinas Kapolres Pekalongan ikut terendam hingga setengah meter.

Baca juga: Banjir Terjang Dharmasraya, Jalan Lintas Sumatera Lumpuh 

Air yang merendam RSUD Pekalongan tingginya sekira 50 sentimeter. Tempat parkir, sepanjang jalan ke ruang jenazah, dan Ruang Mawar serta Wijaya Kusuma terendam.

Di dalam ruang perawatan ini, air merendam sekira 50 cm sehingga tidak bisa digunakan lagi. Tempat tidur pasien, ruang obat, ruang tindakan tidak dapat dipakai.

"Di Ruang Wijaya Kusuma ada 12 pasien yang sedang dirawat dan harus dipindah ke Ruang Cempaka. Sedang pasien di Ruang Mawar dipindah ke Ruang Dahlia dan ruang yang masih longgar," jelas Jayusman, petugas dari BPBD Kota Pekalongan, mengutip dari Sindonews, Selasa (21/1/2020).

Baca juga: Banjir Putus Akses Jalan 2 Kecamatan di Jambi 

Petugas dari Badan Penanggulana Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan serta relawan dan warga langsung melakukan upaya pertolongan dengan mengevakuasi seluruh pasien ke tempat aman.

"Untuk ruangan yang terendam saat ini tidak bisa dipakai. Genangan air masih tinggi dan belum tahu akan bisa surut sampai kapan," jelasnya.

Banjir di RSUD Pekalongan sendiri baru pertama kali ini terjadi. Sejumlah pasein mengaku harus buru- buru pindah saat banjir memasuki ruang perawatan.

"Kami tidak ada persiapan, tiba-tiba air merendam ruang perawatan. Kami langsung dipindahkan ke ruang lain, namun terpaksa berdesakan. Kami khawatir dengan kondisi banjir akan lama surut dan membuat terpengaruh kesembuhannya," ucap pasien bernama Tursono.

Baca juga: Banjir Terjadi di Enrekang Sulsel, Sejumlah Warga Dievakuasi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini