nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penyebab Kebakaran di Ruangan Pramuka Ponpes Gontor

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 21:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 21 519 2156316 ini-penyebab-kebakaran-di-ruangan-pramuka-ponpes-gontor-qyUnE7yHD9.jpg Kebakaran di Ponpes Gontor (Foto: Ist)

PONOROGO - Kepolisian melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang terjadi salah satu ruangan di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Gontor 2, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto menyatakan, dari hasil penyelidikan awal yang dilakukan Tim Inafis Polres Ponorogo, kebakaran disebabkan akibat korsleting listrik yang terjadi di gudang pramuka.

"Dugaan awal penyebab kebakaran gudang dan Kantor Pramuka Gugus Depan (Gusdep) milik Ponpes Darussalam disebabkan murni akibat arus hubungan pendek listrik (korsleting) listrik," ujar Arief Fitrianto saat dikonfirmasi, Selasa (21/1/2020) petang.

Baca Juga: Ruangan Pramuka di Kompleks Ponpes Gontor Terbakar 

Menurut Arief, kebakaran terjadi pukul 11.00 WIB di ruang kantor dan gudang perlengkapan Pramuka di Kompleks Ponpes Darussalam Gontor. Api terus membesar hingga pihak Ponpes menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Api membesar dan pihak Ponpes menghubungi unti Damkar. Setelah dilakukan pemadaman api berhasil dipadamkan menjelang pukul 12.40 WIB," ungkapnya.

 Kebakaran Ponpes Gontor Foto: Ist

Pihaknya memastikan telah mengecek kondisi terkini di ruangan yang terbakar tersebut. Dari pengecekan, tak ada korban luka maupun korban jiwa karena saat terjadi kebakaran, ruangan tersebut dalam keadaan kosong.

"Kalau korban jiwa atau luka - luka tidak ada. Kerugiannya ditaksir sekitar Rp30 juta lantaran seluruh perlengkapan Pramuka habis terbakar," katanya.

Baca Juga: Kebakaran Restoran dan Toko Antik di Bali Diduga Akibat Korsleting Listrik 

Diberitakan sebelumnya, salah satu bangunan yang berada di Kompleks Ponpes Darussalam Gontor II di Desa Madusari, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo terbakar pada Selasa siang. Asap tebal hitam tampak membumbung tinggi dari atas kompleks Ponpes. Santri, warga sekitar, dan petugas Damkar bahu - membahu memadamkan api.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini