nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggul Jebol, 135 Rumah Warga Desa Gamel Cirebon Kebanjiran

Fathnur Rohman, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 03:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 525 2155804 tanggul-jebol-135-rumah-warga-desa-gamel-cirebon-kebanjiran-CGMnxncEsv.jpg Satu desa di Cirebon kebanjiran akibat jebolnya tanggul sungai (Foto : Okezone.com/Fathnur)

CIREBON - Jebolnya tanggul Sungai Cikenanga menyebabkan wilayah di Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat diterjang banjir pada Senin (20/1/2020) malam. Akibat peristiwa tersebut, setidaknya 135 rumah yang tergenang air.

"Ada beberapa rumah yang terendam. Itu di Blok B yang paling parah. Total hampir semuanya, ada 135 rumah," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon Eman Sulaeman, saat ditemui Okezone di lokasi kejadian.

BPBD Sebut Banjir di Desa Gamel Cirebon Akibat Jebolnya Tanggul

Dikatakan Eman, air mulai masuk ke daerah itu sejak pukul 18.30 WIB. Ia menerangkan, sebelumnya pada hari Minggu 19 Januari 2020 kemarin, banjir juga sempat merendam wilayah tersebut. Namun, pada siang harinya, air kemudian perlahan surut.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika ketinggian air mencapai 40 cm sampai 100 cm. Eman mengaku, untuk mengantisipasi hal serupa, pihaknya beserta dengan dinas terkait akan melakukan perbaikan tanggul di sungai Cikenangan secara darurat.

"Besok akan melakukan perbaikan secara darurat dulu. Kami akan pasang bambu dan karung pasir," ujar Eman.

Sementara itu, Koordinator Lapanngan BPBD Kabupaten Cirebon bernama Faozan sempat melakukan pengecekan ke sejumlah rumah warga. Faozan beberapa kali menawarkan apakah warga ada yang ingin dievakuasi atau tidak.

Faozan menuturkan, pihaknya sudah melakukan proses evakuasi baik secara manual ataupun menggunakan perahu karet. Untuk saat ini baru ada tiga keluarga yang ia evakuasi saat banjir masih merendam.

Baca Juga : BPBD Sebut Banjir di Desa Gamel Cirebon Akibat Jebolnya Tanggul

"Tadi sempat melakukan proses evakuasi warga. Total baru ada tiga keluarga saja yang dievakuasi," ucap Faozan.

Dari pantauan Okezone di lokasi pada Selasa (21/1/2020) dini hari, kondisi terparah yang sempat diterjang air berada di Perumahan Cahaya Permai, Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Sedangkan untuk saat ini, ketinggian air di wilayah tersebut perlahan mulai surut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini