nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggul Jebol Penyebab Banjir di Desa Gamel Cirebon Sudah Diperbaiki

Fathnur Rohman, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 16:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 21 525 2156138 tanggul-jebol-penyebab-banjir-di-desa-gamel-cirebon-sudah-diperbaiki-bca8DLaR09.jpg Ilustrasi banjir (foto: Shutterstock)

CIREBON - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon saat ini telah melakukan perbaikan tanggul Sungai Cikenanga, yang berada di Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan, guna mengantisipasi terjadinya banjir susulan, akibat luapan air sungai tersebut.

"Tadi malam kita langsung koordinasi dengan perangkat desa dan lainnya. Allhamdulilah hari ini kita sudah tangani tanggulnya, " kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra saat ditemui Okezone, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga: BPBD Sebut Banjir di Desa Gamel Cirebon Akibat Jebolnya Tanggul 

Dadang menjelaskan, tanggul sungai Cikenanga ditambal menggunakan karung pasir. Ia berharap karung pasir itu mampu untuk menahan air sungai agar tidak meluap.

"Kita pakai karung pasir dan bronjong. Jadi sementara kita sudah laksanakan tugas kita," ujar Dadang.

Banjir di Cirebon (Foto :Okezone.com/Fathnur)	 

Dadang menyebut, pada Senin 20 Januari 2020 malam, wilayah Desa Gamel terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 70 cm. Dari kejadian itu, setidaknya ada 135 rumah terdampak banjir.

Masih disampaikan Dadang, banjir di wilayah Desa Gamel sudah terjadi sejak Minggu 19 Januari 2020 lalu. Namun, ia menuturkan banjir hanya terjadi kalau curah hujan tinggi saja.

Menurut Dadang, daerah tersebut juga pada tahun 2019 lalu sempat terendam banjir sebanyak enam kali. Dadang sendiri yakin, apabila tanggul sungai Cikenanga tidak ditangani, maka banjir bisa saja terjadi lagi.

"Sungai Cikenanga itu tanggulnya jebol tadi malam, karena curah hujan tinggi. Debit airnya tinggi. Tahun kemarin kejadiannya enam kali. Kalau hari ini tidak ditangani, malam nanti bisa saja banjir, " ucap dia.

Baca Juga: Tanggul Jebol, 135 Rumah Warga Desa Gamel Cirebon Kebanjiran 

Sekadar informasi, pada Senin 20 Januari 2020 malam, wilayah Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terendam banjir. Setidaknya ada 135 rumah warga yang tergenang air. Ketinggian air sendiri bahkan mencapai 100 cm. Akan tetapi, sejak pagi tadi, air yang merendam daerah tersebut sudah surut.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini