Bingung Pilih Organisasi di Kampus, Ini Paling Diminati

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Okezone · Selasa 21 Januari 2020 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 65 2155903 bingung-pilih-organisasi-di-kampus-ini-paling-diminati-Aq2RY4Vmvh.jpg Ilustrasi Mahasiswa. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Unit kegiatan mahasiswa (UKM) atau organisasi yang ada di kampus bisa menjadi jembatan mahasiswa untuk mencari kerja nantinya. Maka dari itu, mahasiswa baru disarankan untuk memilih dengan cermat sebuah organisasi yang bagus di kampusnya.

Tips memilih organisasi bisa disesuaikan dengan kepribadian, minta, bakat, dan cita-cita. Sehingga ketika kamu memutuskan untuk bergabung dengan organisasi tersebut, kamu tidak menyesalinya.

Baca Juga: Manfaat Ikut Organisasi Kampus, Koneksi Kerja Lebih Mudah?

Kemudian tidak ada salahnya, bila kamu mengikuti lebih dari satu organisasi, asalkan kamu bisa membagi waktu dengan baik antara kuliah dan organisasi.

Mengutip dari buku Menjadi Mahasiswa Ideal: Sukses Akademis dan Organisasi 2018 karya Suherman, Selasa (21/1/2020), berikut ini adalah daftar organisasi pilihan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa.

1. Organisasi yang berbau sosial politik, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Senat (legisilatif), Dewan Perwakilan Mahasiswa, dan lainnya.

Baca Juga: Ujian Akhir, Tips Hindari Sistem Kebut Semalam bagi Mahasiswa

2. UKM bidang minat, contohnya klub seni, olahraga, dan pecinta alam.

3. Organisasi kerohanian (seluruh agama), baik di tingkat fakultas maupun universitas.

4. Kewirausahaan

5. HMI DIPO, HMI MPO, KAMMI, GMNI, PMII, NGO, LSM, dll.

6. Karang taruna, dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini