nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota Wuhan China Siapkan 2 Ribu Tempat Tidur Rumah Sakit untuk Pasien Terinfeksi Virus Korona

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 12:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 22 18 2156504 kota-wuhan-china-siapkan-2-ribu-tempat-tidur-rumah-sakit-untuk-pasien-terinfeksi-virus-korona-PVz2leFQkg.jpg Pasien terinfeksi virus korona jenis baru dibawa ke rumah sakit di Wuhan, China. (foto/Reuters)

WUHAN – Pihak berwenang kesehatan Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China telah mempersiapkan 2 ribu tempat tidur untuk pasien yang terinfeksi virus korona.

Mengutip Xinhua, Rabu (22/1/2020) dinas kesehatan Kota Wuhan mendistribusikan 2 ribu tempat tidur tersebut ke tiga rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah setempat.

Peng Houpeng, Wakil Ketua Komisi Kesehatan Kota Wuhan, mengatakan lima zona perawatan kritis telah didirikan di lima rumah sakit setempat. Masing-masing zona diawasi oleh 30 pekerja medis sepanjang waktu.

Baca juga: China Konfirmasi 440 Kasus Infeksi Virus Korona, 9 Orang Meninggal Dunia

Baca juga: Virus Korona China Menyebar, Bagaimana Indonesia Mencegah

Pasien pertama terinfeksi virus korona di Thailand juga telah kembali ke China pada 19 Januari, dan dipindahkan ke rumah sakit untuk observasi medis lebih lanjut, kata Peng.

Foto/Xinhua

Sebanyak 18 kerabat, termasuk menantu pasien yang menemaninya pulang, juga di bawah pengawasan medis.

Dinas Kesehatan Kota Wuhan sekarang juga mencari kontak pasien kedua yang terjangkit virus korona di Thailand.

Empat keluarga dekat dari pasien yang dikonfirmasi di Jepang telah ditemukan dan dilakukan pengawasan medis, kata Dinas Kesehatan Kota Wuhan.

Wabah virus korona pertama kali mewabah Kota Wuhan pada Desember 2019. Jumlah pasien yang terjangkit virus korona jenis baru itu kemudian meningkat menjadi lebih dari 200 orang, lapor pihak berwenang kesehatan China.

Virus korona merupakan sejenis virus yang menyebabkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) atau infeksi saluran pernafasan akut, yang menewaskan hampir 800 jiwa pada 2002-2003. Virus SARS juga berasa dari China.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini