nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Kampus, Kiat Mahasiswa Sukses Sebelum Wisuda

Irene, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 14:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 22 65 2156624 tips-kampus-kiat-mahasiswa-sukses-sebelum-wisuda-oMTcO24p3D.jpg Ilustrasi Mahasiswa. (Foto: Okezone.com/Shuttertock)

JAKARTA - Semua mahasiswa pasti ingin menikmati kesuksesan sebelum wisuda. Perlu diingat bahwa sukses sebelum wisuda bukanlah hal yang mustahil.

Namun kamu perlu mengubah beberapa kebiasaan untuk dapat mencapai kesuksesan ini sebagai seorang mahasiswa. Mulai dari mindset, pergaulan, hingga perilaku.

Baca Juga: Kamu Mahasiswa Kupu-Kupu atau Kunang-Kunang? Cek Kriterianya di Sini

Hal pertama yang harus ditekankan dalam diri kamu adalah mengubah kebiasaan menerima uang dari orang tua menjadi mengirimkan uang kepada orang tua. Hal tersebut dapat dimulai dengan merintis usaha selagi menjadi mahasiswa.

Sedangkan kunci memulai usaha adalah tidak boleh gengsi dan malu. Masa depanmu adalah tanggung jawabmu dan bukan orang lain. Percaya diri, kerja keras, berusaha, jangan pernah lelah, jangan takut gagal dan jangan takut dengan risiko.

Selain itu kamu juga harus mengubah mindset perkuliahan. Kuliah bukan hanya sekadar duduk di dalam kelas dan mendengarkan dosen yang menjelaskan materi pembelajaran. Kuliah merupakan momentum terbaik untuk memulai mewujudkan mimpi demi mimpi yang kamu miliki. Oleh karenanya, kamu harus berani keluar dari zona nyaman.

Baca Juga: Bingung Pilih Organisasi di Kampus, Ini Paling Diminati

Tidak hanya itu, melansir buku ‘Sukses Sebelum Wisuda’ karya Robi Afrizan Saputra, Rabu (22/1/2020), kamu harus mencoba untuk mendobrak keraguan dan mulailah meringankan beban orang tua dengan hidup mandiri sejak dini. Jika orang lain bisa melakukannya, tidak ada alasan untuk kamu tidak dapat melakukannya.

Pergaulan juga hal penting dalam pencapaian kesuksesan. Bergaulah dengan mereka yang memiliki visi yang jelas dan mempunyai tekad untuk menggapai sukses sesegera mungkin. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memperhatikan lingkunganmu di dunia perkuliahan.

Kesuksesan bukan ditentukan dari bagaimana pandangan orang lain terhadapmu, melainkan kamulah yang harus menentukan sukses itu sendiri. Kapan dan bagaimana harus memulai, kamulah yang harus menentukan dan memperjuangkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini