Swiss Tangkap Agen Rusia yang Menyamar Jadi Tukang Ledeng

Rachmat Fahzry, Okezone · Kamis 23 Januari 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 18 2157076 swiss-tangkap-agen-rusia-yang-menyamar-jadi-tukang-ledeng-5v3cgJkdCb.jpg Davos, Swiss. (Foto/Reuters)

DAVOS – Kepolisian Swiss menangkap dua agen Rusia yang menyamar menjadi tukang ledeng di Davos.

Saat penangkapan, Kota Davos sedang menjadi tuan rumah untuk Forum Ekonomi Dunia yang dihadiri para pemimpin dunia.

Anita Senti, juru bicara dari Kepolisian Grisons mengatakan kedua orang Rusia itu mengaku sebagai diplomat ketika mereka dijemput dan diinterogasi.

Namun, lanjut Anita Senti, kedua pria Rusia itu tidak terdaftar sebagai diplomat.

“Memang benar bahwa kami memeriksa dua warga Rusia di Davos, dan mereka mengidentifikasi diri mereka dengan paspor diplomatik, tetapi kami tidak dapat memastikan alasan untuk menahan mereka. Mereka diizinkan pergi,” kata Anita mengutip Fox News, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Jaksa Jerman Curiga Intelijen Rusia Bunuh Warga Georgia di Berlin

Baca juga: Intelijen China Gunakan LinkedIn untuk Rekrut Mantan Pegawai Pemerintah AS

Seorang Juru Bicara Kedutaan Rusia di Bern menyebut pengakuan kedua orang yang ditangkap itu sebagai tukang pipa sesuatu yang bodoh.

"Paspor diplomatik diberikan kepada pejabat tinggi, bukan pekerja kasar," katanya.

Bill Browder, seorang manajer dana investasi yang telah memimpin kampanye untuk mengekspos korupsi di Rusia, mengatakan rencana operasi mata-mata itu menunjukkan jangkauan yang bisa dicapai pemerintah Rusia.

"Rusia secara aktif menargetkan semua musuh mereka di semua negara yang berbeda. Mereka memiliki sumber daya yang besar, dan Davos adalah tempat yang penting,” kata Browder kepada Reuters merujuk pada pengacaranya yang meninggal di penjara Moskow pada tahun 2009.

“Ini adalah satu-satunya tempat yang bisa saya datangi dan secara pribadi menantang para pejabat Rusia atas pembunuhan Sergei Magnitsky." 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini