Mahasiswa Ini Raih Juara Olimpiade Matematika Tingkat Dunia

Hairunnisa, Okezone · Kamis 23 Januari 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 65 2157163 mahasiswa-ini-raih-juara-olimpiade-matematika-tingkat-dunia-QrwX6D99Ia.jpg Medali (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Mahasiswa program studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran Revaldi Kurnia meraih juara di ajang Olimpiade Matematika tingkat dunia (World International Mathematical Olympiad/WIMO) di Tokyo, Jepang, 27 – 30 Desember 2019. Revaldi berhasil meraih medali perunggu (bronze award) pada kategori Grade Senior Secondary dalam kompetisi bergengsi yang digelar oleh Olympiad Champion Educational Centre itu.

Mengutip dari keterangan unpad.ac.id, Kamis (23/1/2020), Mahasiswa angkatan 2019 ini berhasil menjadi peserta olimpiade matematika WIMO setelah sebelumnya berhasil meraih emas di ajang final Olimpiade Matematika Internasional di Thailand (Thailand International Mathematical Olympiad/TIMO) pada April 2019 lalu.

Baca Juga:  Hati-Hati di Jalur Sekitar Kampus Unpad, Patuhi Aturan!

Kala itu, Revaldi yang masih berseragam putih abu-abu dan berstatus sebagai pelajar di SMAN 1 Sumedang telah mengharumkan nama sekolah dan Indonesia di kancah internasional.

Berbekal prestasi yang ia dapatkan di TIMO, Revaldi kemudian mengikuti ajang olimpiade matematika lanjutan di WIMO. Pada kompetisi ini, Revaldi berhadapan dengan peraih medali emas lainnya dari ajang final TIMO maupun ajang Olimpiade Matematika di Hong Kong (Hong Kong International Mathematical Olympiad/HKIMO).

Baca Juga: Unpad Sabet Juara Kompetisi Komunikasi di Malaysia

Sejumlah materi diujikan, di antaranya, logical thinking, kombinatorik, geometri, number theory, hingga aljabar, akan diujikan pada olimpiade ini.

Pada kategori senior secondary, Revaldi merupakan satu-satunya delegasi Indonesia yang meraih perunggu. Sementara pada kategori junior, Indonesia berhasil meraih medali emas, perak, perunggu, maupun penghargaan merit.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini