Dear Milenial, Yuk Kuasai 6 Ketrampilan Literasi Ini

Hairunnisa, Okezone · Jum'at 24 Januari 2020 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 24 65 2157854 dear-milenial-yuk-kuasai-6-ketrampilan-literasi-ini-NRSkJ3Lqvn.jpg Milenial (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Mungkin masih banyak dari generasi saat ini yang belum mengetahui tentang literasi. Seperti apa penjelasannya hingga berapa jumlah keterampilannya.

Menurut KBBI, literasi dapat diartikan sebagai kemampuan individu dalam mengolah suatu informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Baca Juga: Literasi Zaman Now, MNC Group Ajak Milenial Manfaatkan Gadget untuk Investasi

Pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu dan penggunaan huruf untuk merepresentasikan bunyi atau kata.

"Terdapat enam keterampilan literasi yang wajib para milenial kuasai. Keenam literasi tersebut yaitu literasi baca tulis, numerasi, sains, finasial, digital, dan literasi budaya dan kerwargaan," Tulis Kementrian Penidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam akun instagram resminya @kemdikbud.ri, Jumat (24/1/2020).

Baca Juga: Hentikan Hoax, Generasi Milenial Diminta Tingkatkan Literasi Media

Berikut ini penjelasan dari enam keterampilan yang harus diketahui oleh para milineal:

 

1. Baca Tulis

Literasi ini adalah kemampuan memahami isi teks tertulis, baik yang terserat maupun tersurat. Kemampuan ini juga dibutuhkan saat menuangkan gagasan dan ide ke dala sebuah tulisan.

2. Numerasi

Literasi ini adalah kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari.

3. Sains

Kemapuan untuk memahami fenomena alam dan sesiaal yang ada di sekitar kita. dengan literasi ini diharapkan kita dpat mengambil kepurtusan yang tepat secara ilmiah untuk hidup lebih aman dan sehat.

4. Finansial

Literasi ini mempelajari tentang pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko & keterampilan dalam bidang finansial.

5. Digital

Penting banget memiliki kemapuan literaasi digital di zaman sekarang. Literasi ini dibutuhkan untuk memperoleh informasi yang tak terbendung datangnya.

 

6. Budaya dan Kewargaan

Kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, mencakup kemampuan individu dan masyarakat akan keberagaman suku, bahasa, adat istiadat, kepercayaan dan lain-lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini