nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov Jatim Tak Mau Kecolongan Penyebaran Virus Korona

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 21:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 25 519 2158285 pemprov-jatim-tak-mau-keceolongan-penyebaran-virus-korona-zhI2mEQaUd.jpg Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto : Okezone.com/Avirista)

MALANG - Sebanyak tiga rumah sakit telah disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk merawat orang yang terindikasi tersejangkit virus korona.

Ketiga rumah sakit yang disiapkan untuk pengidap virus corona yakni RSUD dr. Soetomo, RSUD Saiful Anwar, dan RSUD Soedono Madiun.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan meski Jawa Timur belum ada laporan pasien yang terindikasi virus corona, namun pihaknya tak mau kecolongan.

"Sejauh ini masih aman. Tapi kita siapkan ruang isolasi di Juanda, untuk transit sementara, jika terdeteksi maka ada ruang isolasi permanen di dr. Soetomo, Saiful Anwar di Malang, dan RSUD Soedono di Madiun," ungkap Khofifah Indar Parawansa, saat ke Malang, Sabtu (25/1/2020).

Nantinya, penumpang yang terindikasi bakal diketahui lewat thermal scanner pada pintu kedatangan internasional. Setelah terindikasi terjangkit virus corona, terduga pasien akan dipindahkan ke salah satu rumah sakit yang disiapkan guna dilakukan karantina lebih lanjut.

"Kita pasang di pintu-pintu masuk kedatangan internasional di Jawa Timur, di Juanda dan pelabuhan satu," bebernya.

Baca Juga : 13 Negara yang Terserang Virus Korona, Ini Daftarnya

Di Bandara internasional Juanda misalnya, terdapat dua alat thermal scanner atau alat pengukur suhu tubuh, satu alat terpasang di pintu internasional dan satu lagi terpasang di pintu kedatangan umrah. Sedangkan satu thermal scanner terpasang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

"Thermal scanner ini memungkinkan dengan mendeteksi suhu tubuh dari jarak jauh. Jika suhu tubuh 38 derajat selsius kita antisipasi di ruang isolasi untuk penanganan sementara sebelum dipindahkan ke rumah sakit yang kita siapkan," tukasnya. (AKY)

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini