nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siaga Virus Korona, RSUP Kariadi Semarang Siapkan 16 Ruang Isolasi

iNews TV, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 04:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 26 512 2158357 siaga-virus-korona-rsup-kariadi-semarang-siapkan-16-ruang-isolasi-P1qIj3DfQb.jpg RSUP dr Kariadi sediakan ruang isolasi khusus pasien terjangkit virus korona. (Foto : iNews TV/Kristadi)

SEMARANG – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dokter Kariadi, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menyiapkan fasilitas untuk mengantisipasi penanganan pasien terjangkit virus korona. Setidaknya 16 ruang isolasi dan puluhan tenaga medis disiapkan pihak rumah sakit.

"Kami sudah menyiapkan tim untuk menghadapi ini (virus korona-red), baik itu dokter, perawat yang terlatih dibidangnya," kata Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUP dr Kariadi Nurdopo Baskoro, dalam tayangan iNews TV, Sabtu (25/1/2020).

Setidaknya, ada 23 orang dokter bersiaga menangani pasien dengan virus korona. Sementara mekanisme penanganannya yakni rumah sakit memiliki areal selasar khusus yang disiapkan untuk pasien dengan indikasi virus korona. Selasar ini ditutup bagi para pengunjung umum begitu ada pasien terdeteksi virus korona.

Deteksi Virus Korona dengan Alat Pemindai Suhu Tubuh

Di unit gawat darurat (IGD), pihak rumah sakit menyediakan dua ruang isolasi. Setelah ditangani di IGD, pasien akan dipindah ke ruang isolasi rawat inap di Gedung Rajawali lantai 6 dengan menggunakan lift khusus.

"Kami siapkan juga sarana dan prasarananya di ruang isolasi di IGD ada dua. Kemudian di ruang rawat inap kami punya 14 ruang isolasi," ujarnya.

Nurdopo mengimbau masyarakat tidak panik terkait keberadaan virus korona yang menyerang sejumlah negara. Menurutnya, virus ini mampu menular ke manusia yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.


Baca Juga : Antisipasi Virus Korona, RS Adam Malik Medan Siapkan Tim Khusus

Dia menerangkan, salah satu yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun adalah kepanikan.


Baca Juga : Warga Manado Diimbau Jangan Panik Terkait Virus Korona

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini