Antisipasi Virus Korona, RS Adam Malik Medan Siapkan Tim Khusus

iNews TV, MNC Media · Minggu 26 Januari 2020 01:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 26 608 2158346 antisipasi-virus-korona-rs-adam-malik-medan-siapkan-tim-khusus-Qs5PtFOwSP.jpg RSUP H Adam Malik Medan siapkan tim khusus dan ruangan isolasi untuk antisipasi virus korona. (Foto : iNews TV/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan mempersiapkan standar operasional prosedur untuk mengantisipasi virus korona.

Sebagai langkah antisipasi, pihak rumah sakit telah membentuk Tim Pinere (Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-emerging). Tim yang terdiri atas dokter spesialis, perawat, dan tim laboratorium itu berjumlah sekitar 20 orang.

"RSUP H Adam Malik Medan sudah punya tim. Itu timnya untk menangani. Semua timnya di situ mungkin ada sekitar 20-an. Untuk tim kita siap siaga. Kita sudah siap," kata Koordinator Tim Dokter Penanganan Virus Korona, Ade Rahmaini, dalam tayangan iNews TV, Sabtu (25/1/2020).

Koordinator Tim Dokter Penanganan Virus Korona, RSUP Adam Malik Medan, Ade Rahmaini (Foto : iNews TV/Ahmad Ridwan Nasution)

Selain membentuk tim, RSUP H Adam Malik Medan menyiapkan ruangan khusus untuk menangani pasien yang terjangkit virus korona. Ada sebanyak 11 ruangan yang disediakan pihak rumah sakit.

"Saat ini kita memiliki Gedung Spesialis Isolasi namanya Gedung Infeksi. Kita ada 11 ruangan, 11 tempat tidur," kata Kabid Pelayanan Medis RSUP H Adam Malik, Nurna Fauziah.

Ia menjelaskan, sebagai rumah sakit rujukan, jika nantinya pasien yang terserang virus korona melebihi jumlah ruangan yang tersedia, nantinya disiapkan ruangan cadangan untuk menampungnya.

Ruang Isolasi di RSUP H Adam Malik Medan. (Foto : iNews TV/Ahmad Ridwan Nasution)

"Kita siapkan ruangan cadangan apabila ini melebihi, kasusnya (lebih) banyak dari (ruangan) yang kita siapkan," tuturnya.


Baca Juga : Pemprov Jatim Tak Mau Kecolongan Penyebaran Virus Korona

Sementara itu, untuk mengantisipasi wabah virus korona, RUSP H Adam Malik terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Kualanamu untuk memeriksa kesehatan penumpang yang baru tiba dari luar negeri.


Baca Juga : Warga Manado Diimbau Jangan Panik Terkait Virus Korona

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini