nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jurusan Kuliah Tentukan Masa Depan, Simak Tips untuk Maba

Hairunnisa, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 10:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 65 2159375 jurusan-kuliah-tentukan-masa-depan-simak-tips-untuk-maba-Y3tERKS2fy.jpg Jurusan Kuliah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Menjelang tahun ajaran baru di perguruan tinggi, pasti ada sebagian siswa kelas 12 masih bingung dalam memilih jurusan apa yang akan dipilih. Minat atau sebuah keinginan kuliah sangat penting diketahui oleh setiap calon mahasiswa.

Minat terhadap suatu pelajaran akan tumbuh ketika duduk di bangku SMA bisa dikembangkan ketika masuk ke jurusan pilihan di waktu kuliah. Belajar mengenai sesuatu yang diminati akan lebih mudah dan lebih cepat daripada memaksakan belajar sesuatu yang kelihatannya keren namun sebenarnya tidak disukai.

Mengutip dari buku Cara Cerdas Pilih Jurusan Demi Profesi Impian tahun 2010, karya Bondhan Kresna, Selasa (28/1/2020), ada sebuah kisah, seorang anak lulusan sekolah menengah dari Malaysia ingin meneruskan studinya di Fakultas Kedokteran UGM. Dirinya sudah mempersiapkan diri masuk kedokteran sejak bangku SMP.

Baca Juga: Ini 5 Jurusan yang Cocok bagi Kalian yang Jago Menggambar

Dia mengatakan, bahwa ingin menjadi dokter karena berencana untuk berkecimpung dalam dunia kesehatan ingin menolong orang lain yang sakit dan jiwa sosialnya juga tinggi. Berbeda dengan kebanyakan mahasiswa lain yang ingin masuk kedokteran hanya karena ingin mempunyai rumah bagus, gaji banyak, dan berstatus sosial tinggi.

Akhirnya karena tujuan masuk kedokteran yang hanya ingin sebuah materi ini membuat banyaknya terjadi malpraktik, meskipun pintar ia tidak melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Baca Juga: Kuliah Jurusan Budidaya Ikan, Tantangannya seperti Apa?

Seperti tidak memiliki kepedulian pada pasien yang membutuhkan pertolongan karena memang si dokter tidak berniat menyembuhkan pasiennya tapi justru mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.

Tujuan awal seorang dokter yang melenceng ini bisa terjadi karena seorang tidak mengetahui minat yang sebenarnya. Atau bisa jadi karena adanya dorongan orang lain untuk sekolah di kedokteran karena menganggap masa depan seorang dokter pasti cerah.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini