nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPB Sebut Karhutla Jadi Faktor Penyebab Banjir Bandang di Bondowoso

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 19:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 29 519 2160296 bnpb-sebut-karhutla-jadi-faktor-penyebab-banjir-bandang-di-bondowoso-CtwDfBITiR.jpg Banjir bandang Bondowoso, Jawa Timur (Foto: Ist)

BONDOWOSO – Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah pegunungan Ijen hingga memicu banjir bandang pada Rabu (29/1/2020). Faktor penyebab banjir bandang juga karena kebakaran hutan dan lahan (karthutla) 2019.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, informasi itu berdasarkan pantauan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Banjir ini melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur sekitar pukul 13.00 WIB," ujar Agus melalui keterangan tertulis.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Bondowoso, 200 Rumah Tertutup Lumpur 

Banjir Bandang di Bondowoso Foto Ist

BPBD mencatat sebanyak 200 keluarga terdampak banjir. Mereka terpaksa mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat terdekat. Ketinggian air genangan yang bercampur lumpur setinggi kurang lebih 60 sentimeter.

"Pascakejadian Tim Reaksi Cepat BPBD Bondowoso melakukan kaji cepat, evakuasi korban dan berkoordinasi dengan instansi terkait," tuturnya.

Sehubungan dengan prakiraan cuaca, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memonitor wilayah Jawa Timur pada status Waspada. Prakiraan yang berlaku pada 29 Januari 2020, pukul 07.00 WIB hingga 30 Januari 2020, pukul 07.00 WIB, hujan lebat berpotensi terjadi di provinsi ini.

Baca Juga: Banjir Bandang Melanda Kabupaten Batang Jawa Tengah 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini