nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Orang Terluka Akibat Banjir Bandang di Bondowoso

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 20:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 29 519 2160320 2-orang-terluka-akibat-banjir-bandang-di-bondowoso-xiHVO4YOdh.jpg Banjir bandang Bondowoso, Jawa Timur (Foto: Ist)

BONDOWOSO - Dua terluka akibat banjir bandang yang menerjang Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur pada Rabu sore (29/1/2020). Keduanya sudah menjalani perawatan di Puskesmas. 

"Ada dua orang luka ringan, satu orang lansia (lanjut usia) dirawat di Puskesmas kondisinya berangsur - angsur membaik," ujar Kepala BPBD Kabupaten Bondowoso Kukuh Triatmoko.

BPBD Bondowoso mendata, sebanyak 200 rumah warga terdampak banjir bandang yang membawa material lumpur dan kayu. Hingga pukul 18.30 WIB Rabu malam banjir sudah surut.

Baca Juga: BNPB Sebut Karhutla Jadi Faktor Penyebab Banjir Bandang di Bondowoso

Kukuh mengatakan, saat banjir bandang terjadi cuaca di lokasi cerah. Pihaknya menduga hujan deras justru mengguyur kawasan hulu sungai yang melintasi Desa Sempol hingga menyebabkan banjir bandang.

"Banjir bandang diakibatkan hujan di wilayah hulu di Pegunungan Ijen, waktu kejadian cuaca di lokasi tidak hujan. Ini karena hutan di Pegunungan Ijen gundul karena kemarin kan sempat kebakaran hutan dan lahan di tahun 2019," ucapnya.

Banjir Bandang di Bondowoso Foto Ist

Pihaknya dibantu kepolisian, TNI, relawan, dan sejumlah pihak tengah bergotong-royong membersihkan material banjir bandang. Sejumlah alat berat juga dikerahkan untuk mengangkut material banjir.

"BPBD menetapkan tanggap darurat selama 14 hari terhitung 29 Januari 2020 hingga 11 Februari 2020 mendatang," ujarnya.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Bondowoso, 200 Rumah Tertutup Lumpur

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur kawasan Pegunungan Ijen membuat Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso diterjang banjir bandang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini