nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ridwan Kamil Pastikan Jabar Aman dari Penyebaran Virus Korona

Rabu 29 Januari 2020 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 29 525 2160025 ridwal-kamil-pastikan-jabar-aman-dari-penyebaran-virus-korona-lAXWyxthvO.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (foto: Okezone)

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) tidak ingin membuat resah masyarakat dengan isu penyebaran virus korona pasca-dirawatnya dua pasien diduga terkena virus korona di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Apalagi, setelah dikabarkan dua pasien tersebut dinyatakan negatif, artinya potensi Jabar untuk terserang saat ini tidak ada.

"Jawa Barat aman, dua yang tersuspect itu non-corona," kata Kang Emil, Rabu (29/1/2020).

Meski demikian, Ia meminta jajarannya tetap waspada dengan memasang alat deteksi panas di setiap bandara yang menjadi pintu masuk ke Jawa Barat. Dia berharap dengan upaya tersebut dapat mengurangi potensi masuknya virus korona. "Semua pintu masuk Jawa Barat sudah dicek," ucap Emil, dikutip dari iNews.

(Baca Juga: Sebanyak 203 Warga Jepang di Evakuasi dari Wuhan)

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kementerian yang terkait. Dia telah memerintahkan semua pasien yang terindetifikasi memiliki gejala-gejala mirip dengan virus korona segera dievakuasi Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. "Koordinasi puskesmas dan RSHS sudah dikondisikan," katanya.

Seperti diketahui, jumlah korban tewas akibat virus korona baru di China melonjak jadi 132 orang hingga Rabu (29/1/2020). Pasien yang positif terinfeksi pun bertambah menjadi 5.974 orang yang artinya ada 840 kasus baru dibandingkan hingga Selasa (28/1/2020).

Dengan angka ini maka jumlah total kasus virus korona yang dikonfirmasi di China telah melampaui wabah sindrom pernapasan akut atau SARS pada 2003. SARS menginfeksi 5.327 orang di China daratan dan 8.000 orang di seluruh dunia.

(Baca Juga: China Geram Benderanya Diubah Jadi Virus Korona)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini