nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Bandang Bondowoso, Gubernur Khofifah Minta Jajarannya Gerak Cepat

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 11:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 30 519 2160548 banjir-bandang-bondowoso-gubernur-khofifah-minta-jajarannya-gerak-cepat-DZQe9akbbF.jpg Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (foto: Okezone)

BONDOWOSO - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah berkoordinasi dengan Bupati Bondowoso untuk menyiapkan langkah penanganan pasca banjir bandang yang menerjang dua desa di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

"Saya koordinasi langsung dengan Bupati Bondowoso. Saya juga meminta kepada BPBD dan OPD terkait langsung turun gerak cepat sambil koordinasi dengan OPD Kabupaten Bondowoso untuk mengambil langkah cepat mengatasi segala hal yang disebabkan akibat banjir bandang dengan menyiagakan tim selama 24 jam penuh," ungkap Khofifah Indar Parawansa kepada awak media, Kamis (30/1/2020).

Baca Juga: Banjir Bandang Bondowoso, 5 Rumah Rusak Berat dan 856 Orang Mengungsi 

"Saya juga turun langsung pagi ini memastikan proses penanganan pasca banjir bandang ini," sambungnya.

Menurut mantan Menteri Sosial (Mensos) ini, pihak BPBD melalui Reaksi Cepat (TRC) dibantu kepolisian, TNI, relawan dan instansi terkait masih melakukan pendataan, evakuasi dan penanganan darurat.

"Dari laporan BPBD masyarakat yang terdampak telah dievakuasi ke lokasi aman, di rumah-rumah penduduk yang aman. Berbagai elemen instansi pemerintah, TNI, Polri dan relawan bergotong royong membersihkan lingkungan yang terdampak banjir bandang," lanjut perempuan kelahiran Surabaya ini.

Banjir Bandang Bondowoso (foto: Ist) 

Sementara itu tampak aktivitas sejumlah warga yang terdampak banjir bandang tengah membersihkan material lumpur dan kayu yang menutupi rumah - rumah mereka.

Alimudin, salah seorang warga Desa Kalisat mengaku sejumlah perabotan rumah tangganya terendam banjir lumpur yang menerjang desanya.

"Perabotan rumah kursi, kasur, lemari terendam lumpur. Ada kayu - kayu besar juga yang terbawa masuk ke rumah," tukasnya.

Baca Juga: Banjir Bandang Bondowoso, BPBD Tetapkan Status Tanggap Darurat 

Sebalumnya diberitakan hujan deras yang mengguyur kawasan Pegunungan Ijen pada Rabu 29 Januari 2020, membuat Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso diterjang banjir bandang.

Akibatnya tak kurang 200 rumah tertutup materi banjir berupa lumpur dan kayu yang datang dari atas hulu Gunung Suket yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Ijen. Selain itu banjir juga membuat tiga orang warga mengalami luka ringan saat proses evakuasi.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini