nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir di Padangsidimpuan Rendam 3 Desa hingga Hancurkan Jembatan Penghubung

Liansah Rangkuti, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 16:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 31 608 2161347 banjir-di-padangsidempuan-rendam-3-desa-hingga-hancurkan-jembatan-penghubung-ERuHTTwnCY.jpg Banjir di Padangsidimpuan (Foto: Okezone/Liansah)

PADANGSIDIMPUAN - Hujan yang mengguyur wilayah Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara sejak Kamis 30 Januari hingga Jumat (31/1/2020) menyebabkan banjir di wilayah itu.

Banjir pun merendam rumah warga, hingga memutus akses mobilisasi karena jembatan di Desa Perkebunan Pijorkoling putus.

Danramil 02/Kota Padangsidimpuan Kapten Inf B. Hutabarat menjelaskan, setidaknya ada tiga desa yang terdampak banjir bandang di wilayah itu. Pihaknya pun mengerahkan Babinsa untuk melakukan evakuasi dan pembersihan pasca-banjir.

"Kita sudah kerahkan Babinsa ke lokasi terdampak banjir, ada tiga desa yang terdampak sampai saat ini. Hari ini juga kita lakukan pembersihan beberapa rumah warga dari material banjir," kata Danramil kepada Okezone, Jumat (31/01/2020) di Desa Perkebunan Pijorkoling.

Baca Juga: Jembatan Kalimati Padangsidimpuan Ambruk Dihantam Banjir

Kini, personel Babinsa bersama petugas BPBD serta dinas terkait mulai membersihkan permukiman dan jalan dari materi banjir. Jembatan yang putus pun tengah diatasi dengan dibangun jembatan sementara bantuan dari Dinas PU Kota Padangsidimpuan.

"Pihak kita turut juga membantu BPBD Kota Padangsidimpuan mendirikan dapur umum bagi warga terdampak banjir. Khusus pada hari pertama penanganan banjir," tambahnya.

Banjir yang terjadi pada hari Jumat tanggal 31 Januari 2020 di wilayah Kota Padangsidimpuan diantaranya terjadi di Desa Labuhan Rasoki, Desa Manunggang Jae dan Desa Perkebunan Pijorkoling, Kecamatan Padangsidimpuan tenggara Kota Padangsidimpuan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun banjir mengakibatkan 14 rumah terendam dan 1 unit jembatan putus.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini