nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala BKPM : Iluni UI Punya Peran Besar terhadap Ekonomi Bangsa

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 17:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 01 65 2161820 kepala-bkpm-iluni-ui-punya-peran-besar-terhadap-ekonomi-bangsa-8ou7lqio2O.JPG Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda UI, Sabtu (1/2/2020). (Foto : Okezone.com/Wahyu Muntinanto)

DEPOK – Bertepatan Dies Natalis ke-70, Universitas Indonesia (UI) menggelar upacara wisuda program vokasi, sarjana, magister, profesi, spesialis, dan doktor di semester gasal tahun akademik 2019/2020 di Balairung UI Depok pada Sabtu (1/2/2020).

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia yang memberikan orasi ilmiah mengucapkan selamat kepada 3.955 wisudawan. Tak hanya itu, pada tahun ini terdapat 1.007 wisudawan berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

"Kampus UI telah menjadi idaman semua pelajar di Indonesia karenan setiap siswa pasti ingin masuk UI. Karena lulusan UI memiliki peran signifikan dalam meningkatkan daya saing bangsa. Seperti senior-senior saya, Ibu Sri Mulyani, Pak Chatib Basri, Pak Mahendra," ucapnya pada Sabtu (1/2/2020).

Dia menjelaskan, Iluni UI memiliki peran besar terhadap perekonomian bangsa, siapapun presidennya. Untuk itu terkait investasi, Bahlil menyampaikan pentingnya penciptaan lapangan kerja sebagai dampak investasi.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Ist)

"Hal ini penting guna mengurangi sejumlah pengangguran. Jangan sampai para lulusan yang baik-baik ini menjadi pengangguran intelektual. Walaupun bapak dan ibu belum lulus, tetap bisa mendirikan usaha menjadi entrepreneur. Izinnya ini sekarang dipermudah, semua di BKPM," ujarnya.

Adanya Inpres Nomor 7/2019 pada Februari 2020, BKPM akan memiliki 25 perwakilan Kementerian/Lembaga (K/L) yang nantinya bisa memberikan izin investasi kepada pengusaha sehingga pengusaha tidak perlu lagi repot datang ke K/L untuk mendapatkan izin.

"Hal itu penting untuk melahirkan pengusaha-pengusaha yang lebih banyak agar tidak hanya yang itu-itu saja," ucapnya.

Sementara itu, Rektor UI Ari Kuncoromengharapkan lulusan pascasarjana dapat menjalankan tri darma perguruan tinggi serta berkarya menghasilkan inovasi-inovasi yang mampu menjawab permasalahan dan tantangan bangsa dan global karena UI hadir berkarya untuk bangsa dan dunia.


Baca Juga : Bahas Serangan Jantung, Mahasiswa UI Juara di India

"UI juga mengintensifkan penggunaan e-learning dalam metode pembelajarannya. Bukan saja bagi mahasiswa UI sendiri, tetapi juga dapat dinikmati masyarakat luas di Indonesia," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini