nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gereja Ortodoks Rusia Minta Pendeta Hentikan Pemberkatan Senjata Pemusnah Massal

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 11:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 05 18 2163579 gereja-ortodoks-rusia-minta-pendeta-hentikan-pemberkatan-senjata-pemusnah-massal-onTWLhP80L.jpg Seorang pendeta gereja Ortodoks Rusia memberkati roket Soyuz. (Foto/NASA/Wikimedia)

MOSKOW - Gereja Ortodoks Rusia meminta kepada para pendetanya untuk menghentikan praktik pemberkatan senjata pemusnah massal yang mengakibatkan kematian ribuan orang.

Gereja Ortodoks Rusia mengeluarkan draft dokumen yang menguraikan bahwa pemberkataan senjata tidak termasuk dalam tradisi Gereja Ortodoks

Para pendeta di Rusia telah lama mempraktikkan pembekatan senjata dengan air suci, termasuk kapal selam, rudal balistik, dan roket antariksa.

"Itu tidak tercermin dalam tradisi Gereja Ortodoks. Oleh karena itu, penggunaan perintah ini untuk tidak menguduskan segala jenis senjata, yang penggunaannya bisa menyebabkan kematian sejumlah orang," isi proposal Gereja Ortodoks, menyitir Fos News, Rabu (5/2/2020).

Proposal itu menekankan bahwa pemberkatan kendaraan militer yang digunakan di darat, udara dan laut bukan berkah untuk senjata, roket atau alat pengeboman yang diminta Tuhan, tetapi untuk melindungi para prajurit.

Proposal akan dibahas pada 1 Juni dan publik diminta untuk berpartisipasi, lapor Reuters.

Permintaan itu datang ketika gereja dan militer Rusia terus menjalin hubungan. Angkatan bersenjata membangun sebuah katedral yang luas di sebuah taman militer di luar Moskow.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini