Antisipasi Korona, 7 Ribu Masker Disiapkan Panitia Cap Go Meh Pontianak

Ade Putra, Okezone · Kamis 06 Februari 2020 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 340 2164540 antisipasi-korona-7-ribu-masker-disiapkan-panitia-cap-go-meh-pontianak-mKvXEeq9uS.jpg Ilustrasi

PONTIANAK - Festival Cap Go Meh 2020 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat yang jatuh pada 8 Februari nanti atau hari ke-15 tahun baru Imlek, dipastikan ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di tengah ancaman sebaran virus korona dari wisatawan mancanegara ini, panitia memastikan akan selalu siap siaga. Panitia Festival Cap Go Meh Pontianak menggandeng Dinas Kesehatan Kota Pontianak dengan membentuk posko kesehatan selama kegiatan berlangsung. Posko tersebut berada di Jalan Diponegoro.

"Nantinya ada petugas medis dan ambulans yang standby di sana. Panitia juga menyiapkan masker untuk dibagikan kepada masyarakat atau wisatawan," ujar Ketua Panitia Festival Cap Go Meh Kota Pontianak, Hendry Pangestu Lim.

Nantinya, panitia akan menyediakan 7.000 masker yang akan dibagikan kepada pengunjung. Kendati demikian, kata Hendry, pihaknya berharap tidak ada kasus virus korona di Kalbar, Indonesia umumnya. "Panitia tetap akan melakukan langkah-langkah antisipasi, namanya penyakit kan. Kita harus banyak-banyak berdoa, agar dan mudahan-mudahan jangan sampailah ya," ucapnya.

Baca Juga: 25 Naga "Kepung" Pontianak Meriahkan Cap Go Meh

Hendry memastikan, tidak akan ada turis asal China yang datang ke Festival Cap Go Meh di Kota Pontianak ini. Karena panitia juga tidak ada mengundang wisatawan dari China untuk datang ke Pontianak.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Festival Cap Go Meh Kota Pontianak, Tjhei Djie Shen mengatakan, wabah virus korona yang menjadi momok menakutkan ini tidak berdampak pada antusiasme masyarakat terhadap Festival Cap Go Meh di Kota Pontianak. "Sekilas memang tidak begitu pengaruh. Karena dari hari pembukaan pengunjungnya ramai,” katanya, Kamis (6/2/2020) pagi.

Meski demikian, kata Shen, panitia terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi masuknya virus korona. Salah satunya, dengan membagikan masker kepada pengunjung.

“Sejak pembukaan kegiatan Pekan Kuliner (rangkaian Festival Cap Go Meh), kami telah mulai membagikan masker di panggung utama,” ujarnya.

Shen mengatakan, ada 7.000 masker akan dibagikan hingga kegiatan Cap Go Meh berakhir. Ia pun berharap even tahunan ini berjalan lancar dan Kota Pontianak bersih dari virus korona.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini