nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Serangan Israel, Suriah Hampir Tembak Jatuh Pesawat Berisi 172 Penumpang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 07 18 2165068 gara-gara-serangan-israel-suriah-hampir-tembak-jatuh-pesawat-berisi-172-penumpang-2iBuxczgTA.jpg Ilustrasi.

MOSKOW - Sebuah pesawat penumpang terpaksa merencanakan ulang jalur penerbangannya setelah hampir terkena tembakan sistem pertahanan rudal Suriah. Hal itu dilaporkan kementerian pertahanan Rusia.

Menurut pernyataan yang dikutip oleh media Rusia, pesawat itu akan mendarat di Damaskus ketika sistem anti-pesawat Suriah melepaskan tembakan merespons diduga serangan udara Israel pada Kamis pagi, 6 Februari 2020.

Pesawat Airbus 320 itu kemudian dialihkan ke Pangkalan Udara Hmeimim milik Rusia di barat laut Suriah. Pesawat itu membawa lebih dari 172 orang di dalamnya, demikian diwartakan BBC, Jumat (7/2/2020).

Israel tidak berkomentar mengenai dugaan serangan udara tersebut, tetapi mengakui telah melakukan ratusan serangan di Suriah terhadap target terkait Iran di negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Identitas penerbangan itu masih belum diungkapkan. Media pemerintah Rusia mengatakan, penerbangan itu datang dari Ibu Kota Iran, Teheran, sementara beberapa laporan awal menyebutkan sebuah pesawat Rusia terlibat dalam insiden itu.

Namun, sejumlah pengguna media sosial menunjukkan bahwa penerbangan milik Cham Wings Suriah yang bepergian dari Kota Najaf di Irak tampaknya mengubah arahnya dari Damaskus ke Hmeimim pada Kamis pagi dini hari.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov menuduh militer Israel "menggunakan kehadiran pesawat sipil sebagai perisai terhadap tembakan anti-pesawat Suriah" selama operasi pertempuran udara. Dia menuding Israel menjadikan nyawa ratusan warga sipil tak berdosa sebagai bahan olok-olok.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini