nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duta Besar Inggris Kembali ke Iran Setelah Ditahan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 19:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 07 18 2165126 duta-besar-inggris-kembali-ke-iran-setelah-ditahan-7kphah1lGb.jpg Duta Besar Inggris untuk Iran, Rob Macaire. (Foto/Twitter)

TEHERAN - Duta besar Inggris untuk Iran, Rob Macaire kembali ke Teheran, Iran setelah sempat ditahan pasukan Iran.

Rob Macaire disebut lembaga peradilan Iran sebagai "elemen yang tak diinginkan", laporn media lokal Iran. Ia dituduh menghadiri protes yang dianggp Iran ilegal pada Januari 2020.

Macaire mengatakan ia pada waktu itu menghadiri acara untuk mengenang para korban pesawat Ukraina yang jatuh.

Massa kala itu marah karena pemerintah Iran lambat mengakui telah menembak pesawat berpenumpang 178 orang tersebut.

Inggris menyebut penahanan Macaire sebagai pelanggaran terhadap konvensi diplomatik. Sang duta besar terbang pulang ke London pada pertengahan Januari.

Dalam video yang dipasang di Instagram pada Kamis, Macaire mengatakan dalam Bahasa Persia bahwa kepulangannya itu merupakan "lawatan penting yang telah direncanakan beberapa waktu lalu" dan termasuk pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

Macaire, yang telah bertugas sebagai duta besar sejak 2018, menambahkan bahwa ia baru-baru ini sudah kembali ke Teheran.

Ketegangan antara Iran dan Barat telah meningkat sejak komandan utama militer Iran Qassem Soleimani tewas dalam serangan pesawat nirawak Amerika Serikat di Baghdad pada 3 Januari.

Pembunuhan itu memicu Iran menyerang balik dengan menembakkan rudal ke pangkalan AS di Irak beberapa hari kemudian.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini