nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iran Peringati Ulang Tahun Revolusi Islam di tengah Ketegangan dengan AS

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 16:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 11 18 2166845 iran-peringati-ulang-tahun-revolusi-islam-di-tengah-ketegangan-dengan-as-bCPjhMLzxd.jpg Warga Iran berkumpul memperingati hari jadi Revolusi Islam Ke-41, 11 Februari 2020. (Foto: West Asia News Agency/WANA)

DUBAI - Puluhan ribu warga Iran memenuhi jalan-jalan di Teheran dan kota-kota lain pada Selasa pagi, 11 Februari 2020, untuk memperingati ulang tahun ke-41 Revolusi Islam. Kali ini peringatan hari bersejarah itu dilatarbelakangi meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat (AS).

Televisi pemerintah menayangkan rekaman video aksi unjuk rasa di sedikitnya setengah lusin kota di luar Teheran, termasuk Mashhad, Ahvaz dan Kerman. Reuters melaporkan, banyak dari para pengunjuk rasa terlihat4 memegang tanda bertuliskan, "Kematian bagi Amerika" dan "Kematian bagi Israel."

BACA JUGA: Jutaan Rakyat Iran Berkumpul Peringati 40 Tahun Revolusi Islam 1979

Bulan lalu Iran hampir terlibat konflik skala penuh dengan AS setelah serangan pesawat tak berawak Washington menewaskan Komandan Pasukan Quds Iran, Mayor Jenderal Qassem Soleimani di Baghdad, Irak pada 3 Januari 2020. Iran melancarkan pembalasan dengan rangkaian tembakan rudal ke pangkalan yang menampung militer AS di Irak.

Ketegangan antara Iran dan AS meningkat pada 2018 setelah Presiden Donald Trump menarik AS keluar dari perjanjian nuklir multilateral dengan Iran dan menerapkan kembali sanksi yang berat terhadap Teheran.

BACA JUGA: Iran Akhiri Penyanderaan 444 Hari 52 Warga AS

AS berupaya menekan Teheran untuk melakukan negosiasi ulang mengenai program rudal balistik dan hubungannya dengan kelompok-kelompok proksi regional.

Kantor berita Tasnim melaporkan, Iran memamerkan rudal-rudal sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Revolusi Islam. Televisi pemerintah Iran menayangkan rekaman arsip peluncuran rudal dan fasilitas penyimpanan rudal bawah tanah sebagai bagian dari liputan peringatan hari peringatan Revolusinya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini