nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gegara Virus Korona, 100 Kamar Hotel di Jabar Batal Dipesan

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 23:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 525 2168133 gegara-virus-korona-100-kamar-hotel-di-jabar-batal-dipesan-qEbBA660r9.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANDUNG - Pembatasan penerbangan dari dan ke China berdampak pada pengurangan okupansi hotel di Jawa barat. Bahkan, data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat menyebutkan, ada 100 kamar yang dibatalkan dari China.

"(100 kamar) Itu di-cancel pemesanannya," kata Ketua PHRI Jabar, Herman Muchtar, saat dihubungi, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga: TNI Siapkan 4 Pesawat Jemput WNI yang Diobservasi Virus Korona di Natuna

Kebanyakan mereka yang melakukan pembatalan yakni, pebisnis dari China. Tak hanya itu, terjadi juga penurunan angka wisatawan dari China yang datang ke Jabar.

Herman mengatakan, 100 kamar yang dibatalkan tersebut berada di sejumlah daerah di Jawa Barat. Di antaranya seperti Kota Bandung, Pangandaran, Karawang dan lainnya.

"Kalau Karawang ini kan banyak wilayah industri yang kerap didatangi pebisnis dari China," ucapnya.

Ilustrasi

Sejak Rabu 5 Februari 2020, pemerintah resmi melakukan penutupan penerbangan dari dan ke China, sebagai antisipasi virus korona. Hal itu diputuskan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri di pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Minggu 2 Februari 2020.

Dalam rapat membahas kepulangan warga negara Indonesia di Wuhan, China, pemerintah juga mencabut untuk sementara visa bebas visa dan visa on arrival untuk warga negara China.

Baca Juga: WNI Diobservasi Virus Korona di Natuna Akan Dipulangkan pada 15 Februari

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini