nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Inspiratif Penjala Ikan Punya Anak Jadi Anggota TNI, Polri hingga Sekuriti

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 22:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 13 609 2168150 kisah-inspiratif-penjala-ikan-punya-anak-jadi-anggota-tni-polri-hingga-sekuriti-GzpJ7FqI7q.jpg Kisah Inspiratif Penjala Ikan Punya Anak Jadi Anggota TNI, Polri hingga Sekuriti (foto: Ist)

MAKASSAR - Kisah inspiratif datang dari Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, seorang bapak penjual ikan patut berbangga, karena memiliki tiga anak, yang menjadi anggota TNI, Polri hingga sekuriti.

Bagaimana tidak, ketiga anaknya tersebut memberinya hormat kepada sang bapak. Moment itu pun diabadikan dalam sebuah foto yang kemudian viral setelah diunggah di media sosial.

Kisah inspiratif ini datang dari Bapak Patang, seorang penjual ikan keliling, dan istrinya Ibu Mauji. Keduanya berjuang dalam membesarkan anak-anaknya hingga menjadi anggota TNI dan Polri yang cukup menyentuh hati.

Baca Juga: Kronologi Guru Pukul Siswa SMA di Bekasi yang Viral 

Kisah Inspiratif Penjala Ikan Punya Anak Jadi Anggota TNI, Polri hingga Sekuriti (foto: Okezone/Herman)

"Ini sudah 30 tahun saya menjalani. Hasil penjualan ikan biasa dijual untuk biaya sekolah tiga anak ku," kata Patang yang ditemui Okezone di rumahnya di Desa Mangilu, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Kamis (13/2/2020).

Walaupun ketiga anaknya telah berhasil, namun Patang tetap rendah hati, bahkan tetap melakukan aktivitasnya mencari ikan di sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

"Saya pakai sepeda pergi menjala. Saya kalau pulang biasa ada yang beli ikan saya di jalan," ungkap Patang.

Patang telah menjadi sosok inspiratif bagi semua orang, khususnya warga di Kabupaten Pangkep. Ketiga anak laki-lakinya yang bernama Anwar bersama kedua adiknya yakni Firman dan Rifaldi anak bungsu.

Anwar diketahui merupakan seorang anggota dari kesatuan Brimob berpangkat brigadir yang lulus polisi di tahun 1999. Saat ini dia bertugas di Kabupaten Bone.

Sedangkan Firman mulai bertugas sebagai sekuriti di Perusahaan BUMN, PT Semen Tonasa tahun 2019 kemarin, di Kabupaten Pangkep.

Kisah Inspiratif Penjala Ikan Punya Anak Jadi Anggota TNI, Polri hingga Sekuriti (foto: Okezone/Herman)

Sedangkan anak ketiga bernama Rifaldi berpangkat prajurit satu atau Pratu mulai bertugas di kesatuan Yonif PR 431 Kostrad Kariango Maros pada 2016, yang sebelumnya ikut pendidikan di Rindam IV Diponegoro pada tahun 2016.

Selain menjadi penjala ikan, Patang beserta istrinya juga menggarap sawah milik orang lain. Dia adalah sosok yang pantang menyerah, dan tidak malu meskipun ketiga anaknya kini sudah berhasil mencapai cita-citanya.

Baca Juga: Kasus Bullying Siswi di Purworejo, DPR Minta Sekolah Tingkatkan Pengawasan 

Kisah Inspiratif Penjala Ikan Punya Anak Jadi Anggota TNI, Polri hingga Sekuriti (foto: Okezone/Herman)

Keluarga sederhana ini viral, setelah momen mengharukan yang diabadikan Firman anak kedua bapak Patang. Ia memposting foto mereka yang sedang hormat ke orang tuanya di media sosial.

"Saya tidak sangka foto itu di posting ke facebook akan viral. Saya posting beberapa hari lalu saat kakak dan adik saya juga pulang ke rumah," kata Firman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini