nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasdem Akan Beri Kejutan Terkait Pilwalkot Surabaya Pekan Ini

Syaiful Islam, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 14:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 17 519 2169708 nasdem-akan-beri-kejutan-terkait-pilwalkot-surabaya-pekan-ini-eyvJFaVspW.jpg Ketua DPD Nasdem Surabaya Robert Simangunsong (Foto: Okezone/Syaiful Islam)

SURABAYA - Menjelang Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surabaya 2020, sejumlah partai politik sudah menentukan arah dukungan terhadap calon tertentu. Seperti PKB, PAN, PPP, Partai Demokrat, dan Gerindra yang mengusung mantan Kapolda Jawa Timur Irjen (Purn) Machfud Arifin.

Berbeda dengan Nasdem yang hingga kini belum menentukan sikap politiknya di Pilwalkot Surabaya. Namun, Nasdem bakal mengumumkan nama calon yang akan diusung dalam Pilwalkot Surabaya 2020 pada pekan ini.

"Dalam dua sampai tiga hari ke depan bakal ada kejutan dari Nasdem terkait siapa yang didukung dalam Pilwalkot Surabaya," ujar Ketua DPD Nasdem Kota Surabaya, Robert Simangunsong, usai menerima SK Kepengurusan DPD Partai Nasdem Surabaya, Senin (17/2/2020).

Baca Juga: Jelang Pilkada Serentak, Marak Pemalsuan Surat Perekaman E-KTP 

Menurut Robert, nama tersebut sudah ada di DPP Nasdem. Kemudian, DPP akan menyampaikan ke DPD Nasdem Surabaya melalui DPW Nasdem Jatim.

Selanjutnya rekomendasi itu akan diserahkan kepada calon yang dimaksud. Barulah mengumumkan nama calon yang diusung kepada masyarakat Surabaya.

 Ilustrasi

Sehingga warga Surabaya mengetahui calon yang diusung Nasdem. Setelah itu, Nasdem akan menyosialisasikan calon yang diusung pada masyarakat secara door to door. Hal itu dilakukan supaya warga mengenal dan akan memililh calon yang diusung Nasdem pada Pilwalkot Surabaya.

"Kita sudah ada arahan dari DPP dalam minggu ini untuk deklarasikan calon yang diusung. Kita secepatnya akan diumumkan pada masyarakat Surabaya siapa calon yang diusung. Kita harus berupaya dan yakin menang calon yang diusung," ujarnya.

Baca Juga: Pilkada 2020, Desmond : Gerindra Dukung yang Pasti Menang 

Perlu diketahui, Nasdem tidak bisa mengusung calon atau pasangan calon sendirian di Pilwalkot Surabaya. Sebab, Nasdem hanya memiliki tiga kursi di DPRD Kota Surabaya.

Padahal, syarat minimal partai politik atau gabungan partai politik boleh mengusung calon di Pilwalkot Surabaya minimal mengantongi 10 kursi. Jadi, Nasdem harus berkoalisi dengan partai politik lain.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini