nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadapi Rangkaian Tuntutan Pelecehan Seksual, Organisasi Pramuka AS Ajukan Kebangkrutan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 16:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 18 18 2170385 hadapi-rangkaian-tuntutan-pelecehan-seksual-organisasi-pramuka-as-ajukan-kebangkrutan-9yp9u9CSho.jpg Foto: AP.

DELAWARE - Organisasi Pramuka Amerika Serikat (Boy Scouts of America) telah mengajukan perlindungan dari kebangkrutan di pengadilan kepailitan federal AS di Wilmington, Delaware. Kabar tersebut muncul di saat organisasi itu tengah menghadapi dari beberapa ribu pria yang mengklaim dilecehkan oleh pemimpin regu (scoutmaster) mereka, atau pemimpin lainnya, beberapa dekade lalu.

Meski begitu, juru bicara dari Kepanduan mengatakan pengajuan kebangkrutan itu tidak akan mempengaruhi program kepramukaan organisasi.

"Program kepramukaan akan terus berlanjut selama proses ini dan selama bertahun-tahun yang akan datang," kata Juru Bicara Kepanduan, Evan Roberts sebagaimana dilansir Sputnik, Selasa (18/2/2020).

“Dewan lokal tidak mengajukan kebangkrutan karena mereka adalah organisasi yang terpisah secara hukum dan berbeda.”

Sementara Pramuka mengatakan hanya ada lima korban pelecehan yang diketahui pada 2018, banyak kasus tuntutan terhadap organisasi tersebut terjadi sejak 1960-an hingga 1980-an.

Perubahan pada undang-undang di New York, New Jersey, Arizona dan California yang terjadi tahun lalu memudahkan korban pelecehan untuk mengajukan klaim, bahkan jika kejadian itu terjadi puluhan tahun yang silam.

Boy Scouts of America didirikan pada 1910 dan menjadi salah satu organisasi pemuda terbesar di Negeri Paman Sam. Saat ini, anggotanya mencakup 2,3 juta peserta pemuda dan sekitar satu juta sukarelawan dewasa.

Menurut The Wall Street Journal, organisasi nasional itu memiliki aset sebesar USD1,4 miliar, sementara dewan lokal memegang sekitar USD3,3 miliar dana mereka. The Boy Scouts dikabarkan harus menggadaikan propertinya, termasuk kantor pusat di Irving, Texas.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini