Pekerja Sosial Ini Curi Dana Bantuan Pemerinah Sebesar Rp178 Triliun

Rachmat Fahzry, Okezone · Kamis 20 Februari 2020 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 18 2171073 pekerja-sosial-ini-curi-dana-bantuan-pemerinah-sebesar-rp178-triliun-CZgzEjaNNB.jpg Britta Nielssen. (Foto/Vanguard)

KOPENHAGEN - Seorang wanita Denmark dihukum karena mencuri 117 juta kroner Denmark (sekira178 triliun) dari dana pemerintah.

Britta Nielsen bekerja di dewan layanan sosial Denmark selama 40 tahun, mendistribusikan dana kepada orang-orang yang membutuhkan. Tetapi pada tahun 2018 ia dituduh menyedot uang ke kantongnya sendiri.

Pengadilan Kopenhagen menjatuhkan hukuman enam setengah tahun penjara kepada Nielsen pada Selasa 17 Februari 2020.

Kasus ini tidak biasa di Denmark, negara yang dikenal secara internasional karena transparansi dan tingkat korupsi yang rendah.

Nielsen melarikan diri ke Afrika Selatan setelah tuduhan itu muncul. Dia setuju untuk kembali ke Denmark setelah Interpol mengeluarkan surat perintah penangkapan.

Dia dituduh menggelapkan uang tunai selama lebih dari 25 tahun.

Nielsen bekerja di Socialstyrelsen, Dewan Nasional Kesehatan dan Kesejahteraan. Kelompok-kelompok seperti Asosiasi Fibrosis Kistik Denmark dan Asosiasi Tuna Rungu Denmark dialokasikan dana, dan itu adalah tugasnya untuk mengirimi mereka uang.

Pada 2017, ia dianugerahi Medali Perak Merit resmi untuk pengabdiannya.

Menurut Nordic Labour Journal, Nielsen mengatakan selama persidangan bahwa sangat mudah baginya untuk mengambil dana bantuan dan tidak ada sistem keamanan yang akan menghentikannya dalam menyalahgunakan dana bantuan sosial.

"Anda dapat dengan mudah menambahkan nomor akun Anda sendiri kemudian pergi ke Bahama," kata wanita berusia 65 tahun itu di pengadilan melansir BBC, Rabu (19/2/2020).

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini