nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Sekawan Brawijaya Raih Medali Emas di Ajang Catur Skala Internasional

Edi Hidayat, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 16:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 20 65 2171578 5-sekawan-brawijaya-raih-medali-emas-di-ajang-catur-skala-internasional-ctb0mAxBVi.jpg Kampus Brawijaya (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lima sekawan atlet catur Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Brawijaya Chess Club meraih penghargaan internasional dalam turnamen Grand Asian Chess Challenge (GACC) ke 24. Mereka berhasil mengalahkan 40 atlet dari negara lain.

Bersaing dengan 40 orang dalam GACC 2020, lima atlet UB berhasil meraih prestasi yang memuaskan, dengan meraih total tiga medali emas dan perunggu yakni Juara 1 Inter Varsity Chess Challenge Team Category, juara tiga Open Team Rapid Category, dan Juara 3 Individual Inter Varsity oleh Constantius Leonardo Pratama.

Pada acara yang digelar oleh University of Malaya tersebut, digunakan sistem penilaian team secara akumulatif. Yaitu, penghitungan dari poin catur perorangan dalam sembilan babak. Adapun GACC diikuti enam negara di Asia, yaitu Malaysia, Vietnam, Thailand, India, Filipina, dan Indonesia.

Kampus

Baca Juga: Universitas Brawijaya Siap Terima 14.000 Maba di 2020

Untuk menghadapi GACC ke 24 ini, para atlet melakukan persiapan yang matang, seperti diskusi mempersiapkan teknik dan latihan secara rutin.

"Kami melakukan persiapan diri selama satu bulan sebelum berlangsungnya turnamen tersebut di mulai," kata Kapten Tim Singgih Satria.

Selain itu, UKM BCC juga melakukan penyeleksian terhadap anggotanya, lalu terpilihlah lima delegasi dengan nama-nama diantaranya yaitu Constantius Leonardo Pratama (FILKOM), Singgih Satria Lesmana (FP), Aji Firman Cahya Wardana (FILKOM), Fernanda Agus Saputra P (FMIPA), dan Ken Nahel Falsaveta (FMIPA).

Ke depan Singgih berharap dapat mengikuti turnamen di Filiphina April mendatang, namun hal ini masih dirundingkan.

Dua tim dari delegasi Indonesia berasal dari Universitas Brawijaya dan Universitas Gajah Mada (UGM).

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini