nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendikbud Akui Ada Tiga Dosa Besar di Dunia Pendidikan

krjogja.com, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 23:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 21 65 2172379 mendikbud-akui-ada-tiga-dosa-besar-di-dunia-pendidikan-rUsjuzNIv0.jpg Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengakui adanya tiga dosa besar dalam dunia pendidikan yang tidak bisa ia tolerir. Semua kesalahan dinilai harus memiliki konsekwensinya.

"Saya sangat setuju bahwa enggak bisa hal-hal negatif ini hanya dilakukan dengan penguatan karakter. Harus ada tindakan tegasnya, harus ada konsekuensi yang sangat berat dari pelaku yang disebut dosa-dosa di sekolah kita," ucap Nadiem, seperti diberitakan Krjogja, belum lama ini.

Nadiem menyebut, tiga dosa besar tersebut pertama adalah radikalisme, kemudian kekerasan seksual, dan ketiga adalah perundungan.

"Secara pribadi saya berbicara ada tiga dosa yang harusnya ada penindakan yang sangat tegas. Yang satu adalah radiklisme diajarkan pada anak-anak kita, kedua adalah kekerasan seksual, ketiga adalah kekerasan, yaitu bullying," tegas Nadiem.

Nadiem

Baca Juga: Mahasiswa ITS Ciptakan PA-Box Pengurai Racun Kerang

Menurut Nadiem, pihaknya belum bisa menemukan ramuan kebijakan yang pas untuk menanggulangi ketiga dosa besar tersebut. "Ini bisa terjadi antardewasa-anak, bisa terjadi antar anak, dan lain-lain. Ini bisa (terjadi) dimanapun," beber dia.

Ia mengaku masih mengkaji kebajikan guna menangkal tiga dosa tersebut.

"Bahwa itu harus penindakan luar biasa seriusnya dan tegas. Nah ini yang sedang kami rumuskan bagaimana caranya. Jadi tidak hanya pada perubahan pola pikir doang, (tapi) harus ada penegasan," tegas Mendikbud kembali.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini