nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 5.7 Magnitudo Guncang Tenggara Turki, 8 Tewas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 18:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 23 18 2172922 gempa-5-7-magnitudo-guncang-tenggara-turki-8-tewas-CQpo1aGyi0.jpg Ilustrasi.

ISTANBUL – Sedikitnya delapan orang tewas dan yang lain terjebak di bawah bangunan runtuh setelah gempa berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang sebelah tenggara Turki, dekat perbatasan dengan Iran pada Minggu, 23 Februari 2020. Hal itu disampaikan Pemerintah Turki sementara tim penyelamat menggali reruntuhan di desa-desa terdekat.

Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan Turki, tiga dari korban yang tewas adalah anak-anak. Sedikitnya 21 korban mengalami luka-luka, termasuk delapan yang berada dalam keadaan kritis.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan sekitar 1.066 bangunan runtuh dalam gempa dangkal yang berpusat di daerah pedesaan Iran barat laut.

Rekaman TV Turki menunjukkan orang-orang menggali dengan sekop dan tangan mereka di bangunan yang runtuh, serta perabotan dan barang-barang berserakan di jalan-jalan yang retak. Beberapa penghuni terbungkus selimut di salju di luar rumah dengan dinding luar yang hancur, atap logam yang roboh, retakan lebar dan kabel yang terpilin.

"Kerusakan itu menyebabkan korban jiwa," kata Gubernur Van, Mehmet Bilmez, kepada para wartawan sebagaimana dilansir Reuters, Minggu (23/2/2020) "Ada kehancuran di keempat desa," tambah Bilmez yang mengunjungi lokasi pada Minggu.

Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) mengatakan gempa itu, yang melanda pada pukul 8:53 waktu setempat di kedalaman 4,83 kilometer. Para pejabat Iran mengatakan itu sudah dirasakan di Iran tetapi belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Lembaga penyiaran dan pejabat pemerintah Turki mengatakan gempa itu mempengaruhi puluhan desa di Turki, yang seperti Iran memiliki sejarah gempa mengalami gempa bumi kuat. Kementerian pendidikan melaporkan kerusakan kecil pada beberapa sekolah di distrik pedesaan Baskale, Saray dan Gurpinar.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini