nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkat Partisipasi Pemilihan Rendah, Iran Salahkan Media Asing Beritakan Virus Korona

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 12:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 24 18 2173170 tingkat-partisipasi-pemilihan-rendah-iran-salahkan-media-asing-beritakan-virus-korona-5hTdzJOeFG.jpg Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamanei. (Foto/Wikimedia)

TEHERAN – Pemimpin tertinggi Iran menyalahkan media asing karena memberitakan wabah virus korona yang berdampak pada rendahnya tingkat partisipasi warga untuk memilih dalam pemilihan parlemen.

Iran pada Minggu 23 Februari, mengumumkan 42% jumlah pemilih dalam pemilihan parlementernya, tingkat terendah sejak revolusi Islam 1979

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan media asing memainkan “propaganda” ancaman virus korona untuk mencegah orang memilih.

"Media mereka tidak melewatkan kesempatan sekecil apa pun untuk mencegah orang memilih. [Musuh kami] bahkan menentang pemilihan rakyat Iran," kata Ali Khamenei dikutip di situs resminya.

Baca juga: Dua Kematian Akibat Virus Korona, Italia Karantina 2 Wilayah

Baca juga: Korea Selatan Naikkan Peringatan Virus Korona ke Tingkat Tertinggi

Menteri Dalam Negeri Iran Abdolreza Rahmani Fazli mengatakan saat konferensi pers yang disiarkan televisi. Jumlah suara adalah 62% dalam pemungutan suara parlemen 2016 dan 66% pemilih memberikan suara pada 2012.

"Jumlah pemilih di seluruh negeri adalah 42,57% Di Teheran, itu sekitar 25%. Di seluruh Iran, lebih dari 24 juta orang memilih," kata dia.

Wabah virus korona atau Covid-19 telah merenggut nyawa lima orang di Iran.

Pihak berwenang Iran telah melakukan langkah pencegahan dengan menutuo sekolah, universitas dan pusat pendidikan lainnya di 14 provinsi di seluruh negeri pada Minggu.

Mereka termasuk kota suci Qom di mana kasus pertama muncul serta Markazi, Gilan, Ardabil, Kermanshah, Qazvin, Zanjan, Mazandaran, Golestan, Hamedan, Alborz, Semnan, Kurdistan dan, Teheran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini