nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenag Jabar: Aturan Baru Belum Keluar, Jamaah Masih Bisa Berangkat Umrah

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 14:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 27 525 2174972 kemenag-jabar-aturan-baru-belum-keluar-jamaah-masih-bisa-berangkat-umrah-oRmfNbgQzw.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

BANDUNG - Kemenag Jabar memastikan, jamaah yang akan berangkat umrah dan telah memiliki visa, tetap bisa ke Tanah Suci sesuai jadwal. Hal ini terkait keputusan Arab Saudi yang menghentikan sementara pelaksanaan ibadah umrah bagi beberapa negara, sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).

"Selama belum ada aturan dari Kanwil Kemenag mah masih bisa (berangkat)," ucap Kassubag Humas Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jabar, Ohan Burhan, saat dihubungi melalui sambungan telefon, Kamis (27/2/2020).

Ohan mengaku belum mendapat arahan dari Kemenag Pusat, soal pelaksanaan umrah dengan adanya pembatasan tersebut.

"Jadi kita belum mengeluarkan aturan atau hal-hal yang terkait dengan masalah umrah itu," ucapnya.

Dalam pengumumannya, Pemerintah Arab Saudi menyatakan bahwa visa turis warga dari negara-negara di mana virus korona sedang merebak, untuk sementara juga akan ditangguhkan, dan keputusan itu berlaku bagi semua negara.

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Meski bersifat sementara, langkah ini menjadi perhatian umat Muslim dan negara-negara dunia, termasuk juga Indonesia.

Dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh menyatakan terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi untuk memastikan pelaksanaan teknis dari kebijakan penghentian sementara jamaah umrah tersebut. Upaya juga dilakukan untuk memastikan keberadaan jamaah umrah warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini sudah berada di Arab Saudi.

Baca juga: Saudi Hentikan Sementara Umrah, Kemenag Perintahkan Jajarannya Sidak Bandara

Saat ini Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sudah resmi menghentikan sementara visa untuk jamaah umrah yang baru.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel tengah melakukan pendekatan agar jamaah umrah Indonesia yang sudah mengantongi visa diizinkan masuk ke wilayah Arab Saudi. Pertimbangannya, karena sejauh ini Indonesia tidak termasuk negara terkonfirmasi terinfeksi wabah virus korona Covid-19.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini