nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Virus Korona, Muncul Usulan Ruang Isolasi di Bandara dan Pelabuhan

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 29 Februari 2020 01:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 29 512 2175933 antisipasi-virus-korona-muncul-usulan-ruang-isolasi-di-bandara-dan-pelabuhan-EMvBRBQmJy.jpg Ilustrasi antisipasi virus korona. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggagas ruang isolasi di berbagai objek vital sebagai antisipasi penyebaran virus korona atau Covid-19. Di antaranya adalah bandara dan pelabuhan yang menjadi pintu masuk atau keluar negara.

"Tadi usulannya menarik harus ada tempat-tempat isolasi baik di rumah sakit maupun di pelabuhan maupun bandara, coba kita siapkan semuanya," kata Ganjar usai menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Dampak Virus Korona terhadap Perekonomian Jawa Tengah, Jumat (28/2/2020).

Ganjar mengatakan telah memerintahkan seluruh rumah sakit untuk tetap siaga. Sementara tempat isolasi akan dibutuhkan jika wabah penyakit asal Kota Wuhan, China, tersebut menyerang Jawa Tengah.

"Kita membuat skenario dari sisi kesehatannya adalah seandainya terjadi rumah sakit mana yang harus siap," lugas dia.

Politikus PDIP ini menambahkan, sebelumnya menerima kabar tentang kapal yang membawa wisatawan batal berlabuh di Jawa Tengah. Padahal jika infrastruktur kesehatan dan keselamatan telah dipenuhi, maka kehadiran wisatawan tidak hanya mendorong sektor pariwisata tetapi juga perekonomian.

"Ada cerita kapal yang tidak jadi berlabuh (padahal) membawa wisatawan. Kenapa seperti ini? Padahal itu ada potensi yang bagus," terangnya.

"Mungkin perlu protokol baru bagaimana agar kamu (wisatawan) bisa mendarat di Semarang di Jawa Tengah tapi dari sisi kesehatannya aman. Baru pekan depan akan diformulasikan bagaimana kita mengantisipasi baik secara strategis maupun taktis," tandasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini