Pendukung Sambut PM Baru Malaysia Muhyiddin Usai Pelantikan

Medikantyo, Okezone · Minggu 01 Maret 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 01 18 2176423 pendukung-sambut-pm-baru-malaysia-muhyiddin-usai-pelantikan-5cdhsXLBFs.jpg Muhyiddin Yassin saat disambut puluhan pendukungnya. (Foto: The Star)

KUALA LUMPUR - Keluarga dan pendukung menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) baru Malaysia, Muhyiddin Yassin, di kediamannnya pada Minggu (1/3/2020). Muhyiddin tiba usai menjalani pelantikan serta pengambilan sumpah sebagai PM kedelapan Malaysia di Istana Negara.

Pendukung mantan anggota parlemen negara bagian Johor itu tidak segan meneriakkan dukungan kepada Muhyiddin. Sorakan "Hidup Tan Sri!" menyambut kedatangan mantan Menteri Dalam Negeri Malaysia dalam kabinet koalisi Pakatan Harapan tersebut.

Muhyiddin Yassin

(Muhyiddin Yassin saat diangkat sebagai PM baru Malaysia. Foto: Bernama)

Muhyiddin menyampaikan secara singkat perasaannya setelah pelantikan kepada awak media. "Saya mengucap syukur kepada Allah dan Yang di-Pertuan Agong atas pelantikan hari ini," ujarnya seperti dilansir dari laman The Star, Minggu (1/3/2020).

BACA JUGA: Kemelut Politik Malaysia, Mahathir: Pelantikan Muhyiddin Terasa Aneh

Rencananya dalam beberapa jam mendatang, Muhyiddin juga dijadwalkan menyampaikan keterangan resmi pertama sebagai PM Malaysia. Belum diketahui apakah pernyataan tersebut akan langsung mengutarakan rencana pembentukan kabinet pemerintahan di bawah kepemimpinannya.

Terjadinya pergantian posisi Perdana Menteri dalam pemerintahan Malaysia terjadi usai Mahathir Mohamad mengajukan pengunduran diri pada Senin 24 Februari 2020. Kemudian, nama Muhyiddin muncul sebagai pengganti terpilih dari Kerajaan Malaysia melalui pengumuman resmi pada Sabtu 29 Februari 2020.

Jabatan terakhir yang dipegang Muhyiddin di pemerintahan koalisi Pakatan Harapan bentukan Mahathir Mohamad adalah Menteri Dalam Negeri. Saat ini, koalisi Pakatan Harapan masih menyuarakan penolakan pelantikan Perdana Menteri baru. Dukungan justru muncul dari kubu oposisi Barisan Nasional yang dimotori partai etnis mayoritas Malaysia, UMNO.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini