Pendaftaran KIP Mulai Hari Ini hingga 31 Maret, Apa Bedanya dengan Beasiswa?

Edi Hidayat, Okezone · Senin 02 Maret 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 65 2177005 pendaftaran-kip-mulai-hari-ini-hingga-31-maret-apa-bedanya-dengan-beasiswa-i2OWo3Wa3s.jpg Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dimulai hari ini hingga 31 Maret 2020. Fasilitas yang diberikan pemerintah ini banyak dinantikan, layaknya mengajukan beasiswa. Namun jika ditelisik lebih dalam, apakah keduanya serupa?

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Menurut panduan Kemendikbud mengenai KIP-Kuliah, program ini berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi.

"Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi," demikian seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Senin (2/3/2020).

KIP

Baca Juga: 5 Syarat Dapatkan KIP Kuliah, Apa Saja?

Sekadar diketahui, para pendaftar KIP Kuliah Tahun 2020, harus memenuhi 5 persyaratan.

1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

4. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

5. Dalam hal mahasiswa belum memiliki Kartu Indonesia Pintar atau orang tua/wali Mahasiswa belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dapat diberikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini