Kelebihan Kampus UI Selalu Jadi Incaran Siswa, Ini Tips Masuknya

Edi Hidayat, Okezone · Selasa 03 Maret 2020 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 65 2177466 kelebihan-kampus-ui-selalu-jadi-incaran-siswa-ini-tips-masuknya-MvMzBaPOGd.jpg Kampus UI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang paling banyak diincar oleh siswa. Namun, apa sebenarnya kelebihan kampus Jaket Kuning ini?

Mahasiswa Ilmu Ekonomi angkatan 2016 FEB UI yang juga sebagai Mawapres UI dan Nasional tahun 2019, I Gede Sthitaprajna Virananda menjelaskan, ada tiga alasan utama masuk UI.

Pertama, UI memiliki jaringan alumni dan dosen terbaik. jana, demikian dia biasa disapa menjelaskan, saat menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI kerap diajar oleh Menteri Keuangan dan Staf Khusus dari Kementerian.

Kedua, UI memiliki mahasiswa dan kegiatan mahasiswa yang beragam. Menurut Jana, hal itu dapat membantu mahasiswa untuk menemukan circle yang cocok saat berkuliah.

Ketiga, dekat dengan kesempatan karier. Mengenai hal tersebut ia menjelaskan, secara geografis deket dengan kesempatan karier karena dekat dengan Ibu Kota atau Jakarta.

Tak hanya itu, Jana juga menjelaskan mengenai memilih jurusan dengan menyesuaikan passion atau prospek kerja. Menurutnya jika memang sudah tahu passion-nya akan lebih baik untuk mengikuti passion tersebut.

Kampus

Baca Juga: Kilas Balik Berdirinya UI Depok, Begini Kondisi 32 Tahun yang Lalu

Jana menjelaskan, hal itu dapat meringankan perjuangannya dan lebih senang melakukan pekerjaannya nanti. Di sisi lain ia juga mengatakan jika memang belum menemukan passion-nya nanti bisa mengikuti kegiatan yang ada. Misal, sudah menjadi mahasiswa yang penting masuk kuliah dan mencoba berbagai macam hal dan kegiatan untuk mengembangkan diri.

Tips Masuk UI

Selanjutnya Jana menjelaskan mengenai persiapannya saat dulu akan melakukan tes SBMPTN. Dia mengatakan bahwa fokus utama belajarnya saat itu adalah belajar SBMPTN.

Jana bersama temannya sering melakukan simulasi tes SBMPTN sendiri. Caranya adalah mengerjakan berbagai soal dengan menggunakan timer dan hasilnya akan diperiksa bersama.

“Aku tuh suka ngerjain tugas dan cepet selesai. Aku berusaha banget siang-siang sore biar malamnya free. Kalau kerjaanku belum selesai, aku gak akan melakukan hal yang aku suka,” jelasnya, seperti dikutip dari laman UI, Selasa (3/3/2020).

Berikut ini tipsnya

1. Tidak menunda pekerjaan,

2. Memecah tujuan menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil

3. Meminimalisir distraksi.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini