Culik Pengacara, YouTuber Meksiko Dihukum 50 Tahun Penjara

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 04 Maret 2020 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 18 2178205 culik-pengacara-youtuber-meksiko-dihukum-50-tahun-penjara-eStwhvby6P.jpg Ilustrasi.

MEXICO CITY - Seorang YouTuber yang menculik seorang wanita di Negara Bagian Chihuahua, Meksiko pada Februari 2018 telah dijatuhi hukuman 50 tahun penjara.

Germain Abraham Loera Acosta adalah satu dari enam pria yang menculik seorang pengacara berusia 33 tahun dan memaksanya masuk ke mobil. Dia menyewa rumah tempat korban ditahan dan menuntut tebusan 2 juta peso (sekira Rp1,4 miliar) dalam bentuk Bitcoin untuk pembebasannya.

Wanita itu diselamatkan oleh polisi dua hari kemudian. Empat anggota kelompok itu ditangkap oleh polisi dalam operasi yang sama.

Selain hukuman penjara, kelompok itu harus membayar denda 500.000 peso (sekira Rp366 juta)

Pengacara distrik Chihuahua Cesar Peniche menggambarkan Loera Acosta pada saat itu sebagai "orang yang sangat berpengalaman dalam komunikasi internet", yang mencoba menggunakan internet untuk menetapkan kondisi penculikan.

Diwartakan BBC, Rabu (4/4/2020), Loera Acosta, (25), adalah seorang influencer dan direktur sebuah perusahaan pemasaran dan desain, mem-posting tentang pemasaran dan bisnis. Akun YouTube-nya, yang menggambarkan dia sebagai seorang pengusaha, menyandang slogan: "Saya pikir pikiran adalah satu-satunya hal yang membatasi kita."

Sebelum penangkapannya, ia juga berbagi pesan motivasi dengan para pengikutnya dengan saran tentang cara meningkatkan kehidupan profesional dan pribadi mereka.

"Kamu bukan masa depan, kamu adalah masa kini, hidup dan bertindaklah seperti itu, kita akan menjadikan negara ini dan dunia ini menjadi sesuatu yang istimewa," demikian salah satu pesan tersebut.

Menurut surat kabar El Pais, dia juga memberikan pidato dan ikut serta dalam Kongres Pemimpin Muda Dunia untuk Perdamaian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini