Aktivitas Warga Lereng Gunung Merapi Kembali Normal

Bramantyo, Okezone · Kamis 05 Maret 2020 16:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 05 512 2178683 aktivitas-warga-lereng-gunung-merapi-kembali-normal-4rHC26P6y1.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

KLATEN - Pascaerupsi Gunung Merapi yang terjadi Senin 3 Februari 2020, aktivitas warga yang tinggal di lereng Gunung, baik itu di Klaten, Solo, Boyolali maupun Magelang telah kembali normal.

Salah satu personil Pusdalops BPBD Klaten Jatmiko mengatakan saat ini aktivitas warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi telah kembali seperti biasa.

Menurut Jatmiko, memang saat erupsi terjadi, banyak warga yang memilih mengungsi di Balai Desa. Namun saat ini, warga telah meninggalkan lokasi pengungsian sementara.

"Saat ini kondisi warga di sekitar lereng Gunung Merapi sudah kembali normal. Mereka telah beraktifitas seperti semula. Sewaktu erupsi banyak warga yang mengungsi ke Balai Desa. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi," papar Jatmiko pada Okezone, Kamis (5/3/2020).

Jatmiko menambahkan meski saat erupsi banyak warga yang memilih mengungsi, namun tak ada kepanikan sama sekali pada warga.

Baca Juga: Warga Klaten Nonton Bareng ketika Terjadi Erupsi Gunung Merapi

Pasalnya, hidup di lereng Gunung Merapi, membuat warga terbiasa dengan gejolak gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini.

"Tipe erupsinya hampir sama. Dan warga sudah terbiasa dan tidak ada kepanikan. Meski begitu warga tetap bersiaga," terangnya.

Menyangkut jalur evakuasi, Jatmiko mengatakan masih sama dengan jalur sebelumnya. Sehingga, bila erupsi besar seperti tahun 2010 kembali terulang, warga sudah paham jalur evakuasi yang harus dilalui.

"Jalur evakuasi masih sama, belum ada perubahan. Kalaupun ada, paling sedikit tidak banyak," pungkasnya.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini