nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktivitas Merapi Sudah Kembali Normal, namun Status Masih Waspada

Bramantyo, Okezone · Kamis 05 Maret 2020 16:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 05 512 2178691 aktivitas-merapi-sudah-kembali-normal-namun-status-masih-waspada-r8UkSB66j9.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

KLATEN - Kondisi Gunung Merapi pascaerupsi sudah terpantau normal. Namun, status gunung berapi paling aktif di Indonesia itu masih waspada.

Salah satu anggota Pusdalops BPBD Klaten, Jatmiko mengatakan, dari data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang diterima pihak BPBD, kondisi Gunung teraktif di Indonesia itu sudah kembali normal, namun statusnya masih Waspada.

"Meski saat ini kondisi (Gunung Merapi) normal, namun data dari BPPTKG status Merapi masih Waspada," terang Jatmiko pada Okezone, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga: Aktivitas Warga Lereng Gunung Merapi Kembali Normal

Sedangkan berdasarkan visual dari CCTV yang dipasang BPBD, Gunung yang terletak di daerah perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini masih mengeluarkan asap sulfatara.

Meskipun terpantau masih mengeluarkan asap sulfatara, namun aktivitas tersebut merupakan normal dari Gunung Merapi.

"Dari pantauan visual dari CCTV yang dipasang BPBD, Gunung Merapi terlihat masih mengeluarkan asap sulfatara. Meski mengeluarkan asap itu merupakan aktifitas normal dari gunung Merapi, jadi tak usah panik,"pungkasnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini