Ancaman Kematian dari Virus Korona Sangat Kecil, Masyarakat Diminta Tenang

Syaiful Islam, Okezone · Jum'at 06 Maret 2020 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 519 2179333 ancaman-kematian-dari-virus-korona-sangat-kecil-masyarakat-diminta-tenang-ACKr3f1a0H.JPG Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

SURABAYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, Madura, Kawa Timur mengajak masyarakat tetap bersikap tenang dan tidak panik pada virus Korona yang mengacam kesehatan masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi, menyampaikan salah satu cara mencegah kasus virus korona dianjurkan menjaga pola hidup bersih, waspada dan menghindar dari kelompok tertentu yang diduga rentan terpapar virus korona.

"Masyarakat harus tetap tenang, waspada, jangan panik dan terapkan pola hidup sehat," ungkap Agus, Jumat (6/3/2/2020).

Ancaman kematian dari virus korona sangat kacil. Bahkan Agus menyebutkan berada pada angka di bawah 3 persen. Namun virus korona banyak menular pada masyarakat lanjut usia, seperti yang terjadi di Kota Wuhan China.

Baca Juga: Kemendikbud Putuskan Tak Akan Liburkan Sekolah Akibat Virus Korona

Ciri-ciri orang yang diduga terpapar virus korona, mengalami gejala demam tinggi, batuk dan sesak nafas. Jika ada tanda-tanda kesahatan menurun, dapat menggunakan masker atau alat pencegah penyakit dan berobat.

"Bagi orang usia produktif, sangat jarang sampai meninggal pada kasus virus corona," kata Agus.

Upaya untuk mengantisipasi pada pencegahan virus korona, pihaknya akan mengirim surat edaran kepada semua fasilitas pelayanan dasar yakni Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan rujukan untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

"Usahakan badan kita sehat dan rutin mengonsumsi makanan dengan menu gizi seimbang untuk memastikan kondisi tubuh tetap normal," imbuhnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini