nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Merapi Erupsi, Kenali VEI Alat Mengukur Derajat Letusan

Vania Halim, Okezone · Jum'at 06 Maret 2020 11:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 06 65 2179049 gunung-merapi-erupsi-kenali-vei-alat-mengukur-derajat-letusan-yisPIgHocK.jpg

JAKARTA - Gunung Merapi di Indonesia merupakan salah satu gunung aktif di dunia. Selain Gunung Merapi, ada juga Gunung Sakurajima di Jepang dan Mauna Loa di Hawaii.

Setiap tahunnya, ketiga gunung tersebut sering terjadi erupsi. Gunung Merapi juga memiliki periode letusan pendek setiap empat tahunan dan jangka panjang setiap 10-15 tahun sekali. Namun hal tersebut tidak perlu menjadi kekhawatiran bagi penduduk sekitar dengan cara mengetahui self mitigation yang baik.

Baca Juga : Daftar KIP-Kuliah, Ini Solusi Bila Tak Terima Email Reset Kode Akses

Dosen Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB Dr.Eng. Mirzam Abdurrachman, S.T., menjelaskan, dalam melihat gunung api ada yang disebut sebagai Volcanic Explosivity Index (VEI). VEI memiliki rentang nilai dari 0-8. Semua gunung api yang memiliki rentang nilai tersebut ada di Indonesia, dengan rekor tertinggi atau skala 8 dimiliki oleh Toba.

Pagi Ini Gunung Merapi Tertutupi Kabut

“Merapi ini memiliki nilai VEI-3, artinya berada di posisi tengah atau termasuk gunung eksplosif, yang terjadi kemarin adalah letusan eksplosif yang merupakan tipikal dari letusan Gunung Merapi” ujarnya seperti dikutip dari laman ITB, Jumat (4/3/2020).

Baca Juga : Daftar KIP-Kuliah, Ini Solusi Bila Tak Terima Email Reset Kode Akses

Dr. Mirzam menjelaskan, VEI sendiri berfungsi untuk mengukur derajat suatu letusan gunung api. Cara menghitungnya cukup sederhana yaitu berapa volume yang dikeluarkan atau secara visual bisa diamati dengan melihat berapa tinggi kolom erupsinya.

"Melalui kejadian erupsi Gunung Merapi, masyarakat sebetulnya bisa mengetahui berdasarkan data yang ada bahwa ketinggian kolom 6.000 meter itu berada dalam skala VEI-3," ujarnya.

Dia menambahkan, interval waktu letusan gunung yang berada dalam VEI-3 adalah biasanya erupsi tiga kali per tahun.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini