Komisi IX DPR Dorong Penerapan Protokol Penanganan Covid-19 di Daerah

Adi Rianghepat, Okezone · Rabu 11 Maret 2020 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 340 2181831 komisi-ix-dpr-dorong-penerapan-protokol-penanganan-covid-19-di-daerah-dncG8u3FGn.jpg Ilustrasi (Foto : WebMD)

KUPANG - Pemerintah pusat menerbitkan sejumlah protokol penanganan Covid-19. Potokol yang bertujuan juga untuk membatasi penyebaran virus yang menyerang kekebalan tubuh itu adalah protokol kesehatan, komunikasi, pengawasan perbatasan, area pendidikan serta protokol area publik dan transportasi.

"Protokol yang sudah ada ini perlu disosialisasikan ke berbagai komponen masyarakat di seluruh Indonesia sehingga bisa dipakai dan diterapkan untuk mencegah penularan covid-19," kata Wakil Ketua Komisi IX Melki Lakalena kepada Okezone, Rabu (11/3/2020).

Menurut Politis Partai Golkar itu, kerjasama dan persatuan seluruh kekuatan bangsa sangat dibutuhkan menghadapi dan mencegah penularan covid-19 ini. Karena itu, penting agar protokol yang sudah dikeluarkan pemerintah dilaksanakan di seluruh wilayah kesatuan RI.

Ketua DPD Partai Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT) itu bahkan mendesak implementasi protokol penanganan Covid-19 tersebut.

"Harus diimplantasikan segera dan dilakukan monitoring dan evaluasi efektivitas di lapangan dalam mencegah dan menangani penyebaran dan penularan Covid-19," katanya.

Dia mengatakan dari aspek infrastruktur rumah sakit, Pemerintah Indonesia sudah sangat siap. Bahkan sudah ada di hampir setiap daerah.

Khusus di NTT, kata Melki Lakalena, ada 7 rumah sakit yang disediakan untuk penanganan pasien korona. Semuanya ada di rumah sakit rujukan pulau besar di NTT.

Baca Juga : Iuran BPJS Batal Naik, Wapres : Sedang Dikaji Dampaknya terhadap APBN

Selain RSU Prof Dr Johanes Kupang, sejumlah rumah sakit lain yang disediakan menjadi rumah sakit penanganan pasien Korona adalah RS Hiller di Maumere Kabupaten Sikka di Pulau Flores, RSUD Komodo di Flores, RSUD Umbu Mehang di Waingapu Pulau Sumba, RS Siloam Labuan Bajo di Manggarai Barat Flores serta RS Siloam Kupang di Pulau Timor.

"Semua fasilitas kesehatan itu sudah disiapkan untuk menangani pasien terpapar Covid-19. Namun saya berharap semua kita seluruh masyarakat Indonesia bisa menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan agar tetap sehat dan tak gampang diserang virus, Korona sekalipun. Mari terapkan pola hidup bersih dan sehat," tambahnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini