nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Taliban Tolak Pembebasan Tahanan Bertahap oleh Pemerintah Afghanistan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 13:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 12 18 2182164 taliban-tolak-pembebasan-tahanan-bertahap-oleh-pemerintah-afghanistan-L95XMT9hQ9.jpg Foto: Reuters.

DOHA – Keputusan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani untuk membebaskan tahanan secara bertahap mendapat penolakan dari Taliban. Kelompok militan itu mengatakan tindakan Ghani itu bertentangan dengan perjanjian yang mereka tandatangani dengan Amerika Serikat (AS) di Doha, Qatar pada 29 Februari 2020.

"Kami menolak pembebasan tahanan secara bertahap yang diusulkan Ghani," kata Juru Bicara taliban Suhail Shaheen kepada Al Jazeera pada Rabu (11/3/2020).

"Kami juga akan memastikan pada saat pembebasan bahwa mereka merilis daftar tahanan yang telah kami berikan kepada mereka. Setelah ini selesai, kami akan melanjutkan dengan pembicaraan intra-Afghanistan."

Reaksi Taliban muncul setelah Ghani mengeluarkan dekrit yang memerintahkan pembebasan 1.500 pejuang Taliban, yang menurut Juru Bicara Kepresidenan Sediq Sediqqi adalah yang pertama dari dua fase pembebasan 5.000 tahanan Taliban.

Dalam tulisan di Twitter, Sediqqi mengatakan bahwa pembebasan awal itu adalah isyarat niat baik untuk memulai pembicaraan damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Sebanyak 3.500 tahanan lainnya akan dibebaskan setelah negosiasi dimulai, dengan syarat ada pengurangan nyata dalam kekerasan.

Namun, Shaheen mengatakan bahwa "pembebasan bersyarat" para tahanan Taliban itu bertentangan dengan perjanjian yang ditandatangani dengan AS.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini