Universitas Brawijaya Siapkan Kuliah Online dan Imbau Mahasiswanya Tak Pulang Kampung

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 14 Maret 2020 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 14 65 2183430 universitas-brawijaya-siapkan-kuliah-online-dan-imbau-mahasiswanya-tak-pulang-kampung-UsuL0qOHbK.jpg Rektor Universitas Brawijaya Prof Nuhfil Hanani. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

KOTA MALANG – Universitas Brawijaya (UB) menyiapkan langkah setelah satu mahasiswanya dinyatakan dalam pengawasan korona dan menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Saiful Anwar.

Rektor Universitas Brawijaya Prof Nuhfil Hanani menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan skenario terburuk bila hasil tes laboratorium medis keluar. Namun pihaknya akan merapatkan terlebih dahulu dengan pihak Satgas Covid-19 yang dibentuk rektorat Universitas Brawijaya.

"Kami besok malam (Minggu malam) akan rapat dulu dengan Satgas Covid-19. Dari Satgas sudah merekomendasikan beberapa hal yang jadi bahan rapat kita nantinya," ucap Nuhfil Hanani, saat konferensi pers pada Sabtu (14/3/2020).

Nuhfil memastikan kegiatan perkuliahan termasuk kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS) yang sedianya dilakukan Senin 15 Maret 2020 tetap berlangsung seperti biasa, hanya dengan kemasan berbeda.

"Ada beberapa kemungkinan, mau online (kuliah dan UTS) boleh, mau datang boleh, tapi dengan standar kesehatan tertentu. Untuk UTS bisa saja take home (UTS). Mereka datang ngambil (di kampus) soal terus dikerjakan di rumah, dikembalikan ke sini lagi. Itu kan lebih aman," ucapnya.

Gedung Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

Namun, bila dimungkinkan penyelenggaraan UTS secara online, Nuhfil meminta mahasiswanya dari luar Malang untuk tidak pulang ke kampung halamannya masing-masing.

"Lebih baik mahasiswa semuanya tetap di Malang jangan pulang ke rumah masing-masing. Nanti kalau pulang di daerahnya yang terjangkit, dia kena (virus korona-red) lalu balik ke Malang, akhirnya di sini (di Malang-red) nular. Padahal di Malang masih aman belum kena," tuturnya.

Sebelumnya, setelah seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dinyatakan dalam pengawasan terkait virus korona, pihak kampus telah melakukan sterilisasi Gedung Jurusan Teknik Industri.


Baca Juga : Mahasiswanya Dalam Pengawasan Korona, Universitas Brawijaya Sterilisasi Gedung Fakultas Teknik

Sepanjang hari Sabtu tak ada aktivitas apapun baik perkuliahan maupun aktivitas kemahasiswaan lainnya. Bahkan sejumlah petugas keamanan dan staf juga satupun tak tampak di lokasi Gedung Teknik Industri. Hanya beberapa mahasiswa yang tampak berada di kawasan sekitar Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.


Baca Juga : Solo KLB Korona, UNS Liburkan Mahasiswa dan Belajar via Online

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini