nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Beruntun Terjadi di Pagaralam Sumsel

Melly Puspita, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2020 09:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 15 610 2183546 gempa-beruntun-terjadi-di-pagaralam-sumsel-2f69iiOmRD.jpg Gempa mengguncang Pagaralam, Sumatera Selatan (Foto: Okezone/Melly Puspita)

PALEMBANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan (Sumsel) mengonfirmasi terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 2.1 di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Minggu (15/3/2020) pagi.

Menurut Sabar Ardiansyah, PMG Ahli Muda BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang-Bengkulu, meskipun terjadi gempa goncangan yang terjadi skala kecil dan tidak menimbulkan kerusakan. Meskipun begitu, aktivitas kegempaan ini terjadi secara beruntun dan termasuk aktivitas yang di luar kebiasaan patahan lokal khususnya yang ada di Pagaralam.

"Sebab jarang sekali gempa kecil secara beruntun terjadi pada lokasi ini. Patahan lokal yang ada di Pagaralam ini merupakan bagian dari patahan/sesar Sumatera yaitu ' Segmen Manna'," Kata Sabar Ardiansyah kepada Okezone.

Baca Juga: Morotai Malut Diguncang Gempa M5,2 

Ilustrasi Foto: Ist

Masih dikatakan Sabar, patahan ini memanjang mulai dari Kabupaten Bengkulu Selatan, kemudian melintasi sepanjang Bukit Barisan sisi Barat Gunung Dempo antara Tanjung Sakti dan Kota Pagaralam. Kemudian, memanjang di Bukit Barisan yang ada di Kecamatan Semendo Kabupaten Muara Enim.

"Menilik sejarah gempa bumi kuat yang pernah terjadi pada patahan lokal ini terjadi pada 9 September 2008 dengan kekuatan magnitudo 5.6 berjarak 26 km Barat dari Kota Pagaralam, tidak kurang 60 orang luka-luka akibat gempa dan 2 meninggal dunia," ujar Sabar.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini