Siswa SMK Jalani UN di Tengah Pandemik Korona, Diwajibkan Pakai Hand Sanitizer

Kuntadi, Koran SI · Senin 16 Maret 2020 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 65 2184045 siswa-smk-jalani-un-di-tengah-pandemik-korona-diwajibkan-pakai-hand-sanitizer-ri4qZkmAP7.jpg UN di SMK 1 Pengasih Kulonprogo digelar di tengah pandemik virus korona. (Foto : iNews/Kuntadi)

KULONPROGO – Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tetap digelar di tengah pandemik virus korona (Covid-19). UN tetap berlangsung dengan lancar. Hanya saja, para siswa diminta menjaga kesehatan dan menggunakan hand sanitizer sebelum mengikuti ujian.

“Dari monev (monitoring dan evaluasi) yang kita lakukan tidak ada masalah, tidak ada keluhan seiring isu korona,” kata Staf Seksi Layanan Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kulonprogo, Endang Sri Wahyuningtyas di sela pantauan UN di SMK 1 Pengasih, Senin (16/3/2020).

Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) pada hari pertama tetap berjalan normal. Dari dua kali pelaksanaan, semua siswa bisa hadir tepat waktu. UNBK berjalan lancar dan tidak ada kendala seperti halnya terkait masalah server, internet, listrik, dan sarana komputer.

Sesuai arahan dari provinsi, pihak pelaksanaan sudah diminta membersihkan ruangan ujian, termasuk membersihkan komputer mulai dari keyboard, CPU, monitor, hingga mouse.

“Semuanya berjalan lancar. Siswa juga diminta menggunakan hand sanitizer ketika masuk dan sudah tersedia di setiap ruangan,” ucapnya.

ilustrasi (Dok Okezone)

Kepala SMK 2 Pengasih, Istihari Nugraheni mengatakan, UNBK ini diikuti 315 siswa SMK 2 Pengasih. Sesuai petunjuk teknis dari dinas, pihak sekolah diminta menyiapkan hand sanitizer dan tisu basah. Semua ruangan juga dijaga kebersihannya.

“Sampai sesi kedua ini lancar, tidak ada masalah. Jadi sebelum ujian, siswa masuk kelas harus menggunakan hand sanitizer,” katanya.

Sekolah juga menyediakan ruangan UKS untuk mengantisipasi adanya siswa yang kurang sehat. Namun dalam pelaksanaan, semua siswa dalam kondisi fit. Mereka disarankan menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup serta banyak mengonsumsi sayur dan buah.

“Kalau ada yang sakit kita siapkan UKS dan petugasnya ada. Bahkan kalau terpaksa bisa ujian susulan,” ucapnya.


Baca Juga : Pandemi Covid-19, Pelaksanaan UN 2020 Wajib Penuhi Protokoler Kesehatan

Salah satu peserta UNBK, Regita Prisdayanti Puspa, mengaku tetap datang dan mengikuti ujian seperti biasa. Ia mengaku para siswa tidak takut dan khawatir dengan isu virus korona sampai mengganggu ujian. Justru para siswa sudah menyiapkan diri sejak lama daam menghadapi UNBK yang akan dilaksanakan lima hari.

“Tadi hanya pakai hand sanitizer. Selebihnya ujian seperti biasa,” katanya.


Baca Juga : Siap-Siap UN 2020, Yuk Ikuti 12 Langkah Protokoler Kesehatan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini