nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Sederhana dari WHO: Tes, Tes, Tes Semua Suspect Virus Corona

Rachmat Fahzry, Okezone · Selasa 17 Maret 2020 08:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 17 18 2184454 pesan-sederhana-dari-who-tes-tes-tes-semua-suspect-virus-corona-O707uS4jc9.jpg Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto/WHO)

JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WO) meminta semua negara untuk meningkatkan program pengujian virus corona demi memperlambat penyebaran pandemi Covid-19.

"Kami memiliki pesan sederhana untuk semua negara, tes, tes, tes [virus corona]," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers pada Senin 16 Maret.

"Semua negara harus menguji semua kasus yang dicurigai (suspect corona), mereka tidak dapat memerangi pandemi ini dengan mata tertutup," tambahnya.

Tedros menilai langkah pembatasan berupa penutupan sekolah dan membatalkan acara olahraga dan pertemuan lainnya telah dilakukan di berbagai negara.

“Tetapi kami belum melihat peningkatan dalam pengujian, isolasi dan pelacakan kontak, yang merupakan tulang punggung tanggap Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Lockdown, Ini 6 Tindakan Malaysia Cegah Penyebaran Corona

Foto/Okezone

Dia meminta semua negara untuk melakukan pendekatan yang lebih komprehensif demi mengatasi penyakit ini.

Data WHO per 16 Maret, kasus corona di berbagai negara sudah mencapai 167.511, dan menyebabkan 6.606 kematian.

“Cara paling efektif untuk mencegah penyebaran dan menyelamatkan nyawa adalah memutus rantai penularan Covid-19. Untuk melakukan itu, Anda harus menguji dan mengisolasi. Anda tidak bisa melawan api dengan mata tertutup. Dan kita tidak bisa menghentikan pandemi ini jika kita tidak tidak tahu siapa yang terinfeksi,” tegas Tedros.

"WHO telah mengirimkan hampir 1,5 juta alat tes ke 120 negara. Kami bekerja dengan perusahaan untuk meningkatkan ketersediaan tes bagi mereka yang paling membutuhkan," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini